Fakultas Ilmu Pendidikan Jadi Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas di Gorontalo

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 15 Juli 2020 . 10:47:58

 

GORONTALO - Komitmen Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) sebagai Kampus Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas terus terlihat. Kerja sama yang sudah berlangsung selama satu semester ini terus berlanjut, dengan dilaksanakan kegiatan bersama yakni Webinar dengan mengusung Tema “Strategi dan Kolaborasi Mewujudkan Kampus Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas di Provinsi Gorontalo”, pada Selasa (14/7) siang yang bertempat di Aula Kantor FIP UNG.

Kegiatan ini diikuti sekitar 200 peserta yang didominasi dari unsur Dosen, Mahasiswa, dan warga Kampus, dengan 4 pemateri utama yaitu Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo, Dr. Muh. Jamal Nganro, M.Si dengan judul “Penyelenggaraan Transportasi pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat yang Produktif dan Aman Covid-19”. Kemudian Pemateri kedua Kepala Jasa Raharja Cabang Gorontalo, Dwi Restu Handoyo, MM dengan judul “Peran Jasa Raharja dalam Pelayanan Santunan dan Peningkatan Keselamatan”. Selanjutnya, pemateri ketiga yakni dari Ditlantas Polda Gorontalo, yakni Kabag Bin Opsnal, AKBP Gatot Sudibyo, M.Ak dengan judul “Mewujudkan Kaum Millenial sebagai Pelopor Etika Keselamatan Berlalu Lintas”. Dan terakhir Pakar Hukum dan Pemerhati Transportasi Publik yang juga menjabat Wakil Rektor II UNG, Dr. Fence Wantu dengan judul “Dinamika Problematika Hukum dalam Perspektif Berlalu Lintas”.

Rektor UNG, Dr. Eduart Wolok, MT dalam sambutannya sangat mengapresiasi kerjasama antara FIP UNG dengan Polda Gorontalo melalui Direktorat Lalu Lintas sehingga kegiatan Webinar ini dapat terlaksana. “Kerja sama yang baik melalui kegiatan yang sangat bermanfaat seperti ini merupakan awal yang baik untuk menjadi contoh bagi masyarakat Gorontalo untuk selalu tertib berlalu lintas, melalui pendekatan dan langkah nyata sehingga Kampus UNG benar-benar menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas sesuai aturan yang berlaku,” ujar Rektor UNG.

Dr. Eduart Wolok, MT juga mengingatkan bahwa di masa pandemi seperti ini, masyarakat khususnya para pengendara harus lebih ekstra tertib dalam melindungi diri, dengan  mentaati semua peraturan lalu lintas, serta seluruh protokol kesehatan sehingga kasus Covid-19 dapat ditekan. Di akhir sambutannya, Rektor UNG menyampaikan apresiasi dan pesan agar masyarakat Gorontalo membiasakan budaya tertib dan sehat.”Terima kasih dan apresiasi kepada Polda Gorontalo melalui Ditlantas dan Fakultas Ilmu Pendidikan, diharapkan kegiatan edukasi kepada masyarakat terkait tertib berlalu lintas bisa lebih massif dilakukan, sehingga dapat menekan angka kecelakaan di jalan raya, dan masyarakat terbiasa berlalu lintas dengan aman, tertib dan sehat serta menjadikannya sebagai budaya bagi masyarakat Gorontalo,” tutup Rektor UNG.

Sementara itu, Dekan FIP, Dr. Arwildayanto, M.Pd mengatakan kegiatan ini merupakan upaya kampanye untuk menjaga keselamatan berlalu lintas di jalan raya, sehingga angka kecelakaan bahkan kematian dapat berkurang. “Kota yang maju, salah satu indikatornya adalah budaya tertib masyarakat kota dalam berlalu lintas di jalan raya. Sehingga untuk dapat mewujudkan hal tersebut Kampus menjadi fasilitas untuk menerapkan budaya tertib berlalu lintas kepada warga kampus, terutama mahasiswa dimana sudah ada 5 orang Mahasiswa yang dipilih sebagai Duta Lalu Lintas untuk mengkampanyekan kepada teman-teman mahasiswa lain, dan juga akan dipasang papan pengumuman dari Ditlantas Polda Gorontalo terkait aturan dalam berkendara yang tertib agar selamat sampai di tempat tujuan,” jelas Dekan FIP. (Hms_FIP)

Agenda

23 Mei 2024

UNG Bersholawat

Kegiatan UNG bersholawat dilaksanakan pukul 19.15 WITA.

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0