Berprestasi di PIMNAS, Lima Mahasiswa UNG Dapat Lulus Tanpa Skripsi

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 12 Januari 2024 . 11:39:26

GORONTALO – Mahasisswa kelompok Program Kreativitas Mahasiswa - Kewirausahaan (PKM-K) yang meraih prestasi medali perak, pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) tahun 2023 akan dikonversi menjadi SKS mata kuliah melalui program rekognisi prestasi mahasiswa.

Wakil dekan bidang akademik dan kemahasiswaan Dr. dr. Vivien Novarina A. Kasim, M.Kes., mengatakan untuk menindaklanjuti program rekognisi prestasi tersebut, fakultas kedokteran melaksanakan seminar rekognisi untuk mahasiswa. Seminar dilakukan khusus untuk lima mahasiswa yang meraih medali perak untuk Program PKM-K PIMNAS 2023.

“Dalam seminar rekognisi, mahasiswa kelompok PKM-K mempresentasikan program yang mereka bawa pada ajang PIMNAS 2023. Ini merupakan prestasi pertama mahasiswa di UNG yang direkognisi ke dalam skripsi,” ungkap Vivien.

Dosen pembimbing PKM-K Kedokteran dr. Abdi Dzul Ikram Hassanuddin, M. Biomed., menjelaskan rekognisi prestasi ke SKS mata kuliah sesuai dengan panduan rekognisi nomor 24, untuk  juara lomba tingkat nasional terdaftar pada Pusat Prestasi Nasional (Puspenas) Kemdikbudristek salah satunya PIMNAS. Berdasarkan panduan rekognisi untuk prestasi medali perak PIMNAS, mahasiswa akan memperoleh rekognisi dengan nilai 4 SKS untuk mata kuliah yang sesuai.

“Untuk keputusan khusus di internal fakultas kedokteran, rekognisi SKS mata kuliah tersebut diarahkan ke skripsi karena kebetulan nilai SKS skripsi fakultas kedokteran 4 SKS. Rinciannya sudah mencakup tahapan seminar proposal hingga ujian tertutup skripsi, nantinya mahasiswa tersebut akan mempoleh nilai A,” jelasnya.

Sementara itu dekan fakultas kedokteran Dr. dr. Cecy Rahma Karim, Sp.GK., berharap dengan rekognisi prestasi mahasiswa ke dalam SKS mata kuliah, dapat memotivasi mahasiswa untuk mencetak prestasi pada kompetisi tingkat nasional yang dilaksanakan oleh Kemdikbudristek.

Seminar rekognisi ini juga dihadiri oleh Ketua Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran Prof. Dr. Elya Nusantari, M.Pd., Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan Zumriaty Husain Mohamad, S.Pd., M.Pd., beserta para unsur pimpinan lainnya sesuai dengan aturan pada panduan rekognisi. Sementara itu,

Kelompok PKM-K Kedokteran diketuai oleh M Rizky Pratama Saiu (prodi kedokteran 2020), dengan anggota Putri Eka Ayu Lestari (prodi kedokteran 2020), Nadzwa Maulana Lynn (prodi kedokteran 2021), Ainun Fauzie Habie (prodi kedokteran 2020) dan Wandi Patalani (prodi pendidikan ekonomi 2020) mengangkat judul KARAWO-HITS: Kerawang Motif Histologi Jaringan Tubuh Manusia Berbasis Aplikasi Pixelart sebagai Upaya Meningkatkan Nilai Jual Kerajinan Kerawang. (**)

Agenda

23 Mei 2024

UNG Bersholawat

Kegiatan UNG bersholawat dilaksanakan pukul 19.15 WITA.

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0