Wow! Kulit Pisang Goroho Diolah Mahasiswa Jadi Biskuit Bermanfaat Cegah Stunting

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 1 Oktober 2020 . 14:53:20

 

GORONTALO – Siapa sangka limbah kulit pisang goroho ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Ditangan Mahasiswa UNG yakni I Made Hariyadi Wijaya, Santi, Nur Diandra yahya, Nazwah Buana Putri Kalangi dan Ahmad Rifly Suleman yang tergabung dalam kelompok PKM-Kewirausahaan, limbah pisang goroho diolah menjadi produk makanan berupa Biskuit yang kaya manfaat khususnya bagi pencegahan Stunting.

Produk Makanan dengan nama “Biskuit Li Uti” merupakan inovasi produk mahasiswa dalam bentuk biskuit, yang bisa dijadikan produk makanan tambahan untuk mencukupi kebutuhan gizi dalam pencegahan stunting.

I Made Hariyadi Wijaya selaku Ketua Kelompk menjelaskan, berdasarkan hasil penelitian kulit pisang goroho memiliki nutrisi yang dibutuhkan mencegah stunting pada anak, sehingga ia bersama teman-temannya mencoba berinovasi membuat makanan olahan dalam upaya pencegahan stunting.

“Dengan target pasar untuk anak-anak maka ide pengolahan kulit pisang Gorontalo dibuat dalam bentuk biskuit, sebagai salah satu makanan favorit anak-anak,” ungkap Made.

Limbah kulit pisang Goroho saat ini cukup banyak tersedia di lingkungan masyarakat, olehnya dengan dilakukan pengolahan menjadi biscuit adalah tindakan solutif untuk mengurangi limbah masyarakat sekaligus bermanfaat bagi pencegahan stunting pada anak.

“Biscuit Li Uti menawarkan 3 keunggulan yaitu manfaat produk dalam pencegahan stunting, menggunakan bahan dasar kulit pisang goroho yang mengandung gizi tinggi dan dapat mengasah kreatifitas anak dalam menyusun puzzle biscuit menjadi karakter yang mereka sukai,” terangnya.

Menurut Made, Biskuit Li Uti diproduksi dalam beberapa varian rasa seperti original, choco, vanilla dan greentea. Dalam menarik perhatian konsumen karena dibuat dan dikembangkan menjadi sebuah cemilan yang enak dan berkhasiat. Selain itu proses pengemasan juga dilakukan secara higienis, variatif dan menarik serta dijual dengan harga terjangkau.

“Melalui produk inovatif ini, kami ingin memanfaatkan limbah kulit pisang goroho yang banyak di masyarakat sekaligus membantu Pemerintah dalam penurunan angka kejadian stunting di Indonesia,” pungkasnya. (wahid)

Agenda

23 Mei 2024

UNG Bersholawat

Kegiatan UNG bersholawat dilaksanakan pukul 19.15 WITA.

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0