UPT. Perpustakaan Cegah Plagiarisme Melalui Pelatihan Penggunaan Turnitin

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 12 Oktober 2020 . 15:19:08

 

 

GOROBTALO - Visi UNG yang unggul dan berdaya saing terus digaungkan oleh UPT Perpustakaan melalui penguatan kapasitas akademik, dengan menggelar pelatihan penggunaan Turnitin bagi seluruh staf dan pustakawan secara daring, (Jumat 20/10).

Ketua Pelaksana kegiatan Alfian Zakaria, MT, mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan langkah awal penyiapan penggunaan Turnitin di UNG.

"Kali ini, kami mendapat kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan pihak Turnitin Indonesia, Muhammad David Lung, tentang bagaimana mengelola Turnitin di kampus,” tutur Alfian.

Sementara itu, Kepala UPT Perpustakaan UNG, Dr Ismet Sulila, menyampaikan bahwa penting bagi UNG untuk segera melanggan aplikasi Turnitin sebagai salah satu upaya mewujudkan kampus yang unggul dan berdaya saing, dalam bidang akademik.

Ismet berharap melalui pelatihan ini, UNG akan semakin siap dalam menjamin kualitas naskah akademik dosen dan mahasiswa.

“Dengan Turnitin, kita bisa melihat sejauh mana orisinalitas naskah yang kita hasilkan sehingga bisa terhindar dari tindakan plagiarisme," kata Ismet.

Ismet menambahkan dalam beberapa waktu kedepan, UPT. Perpustakaan akan merumuskan pengelolaan aplikasi Turnitin sehingga kedepan dapat melayani Dosen, Mahasiswa dan masyarakat umum. "Pelatihan terkait bagaimana dosen dan mahasiswa bisa menggunakan aplikasi ini juga akan kita laksanakan secara bertahap," tutup Ismet. (**)

Agenda

23 Mei 2024

UNG Bersholawat

Kegiatan UNG bersholawat dilaksanakan pukul 19.15 WITA.

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0