UPT. Perpustakaan Bangun Perpustakaan Desa Berbasis Inklusi Sosial

Oleh: Lenny DJ. Muda . 8 Maret 2021 . 08:58:46

GORONTALO – Transformasi layanan perpustakaan dewasa ini kian pesat. Begitu pun halnya dengan perpustakaan di tingkat desa yang menjadi barometer peningkatan literasi masyarakatnya dalam bidang finansial, informasi teknologi, sains dan sosial budaya. Merespon hal ini, UPT Perpustakaan berkunjung ke Desa Banuroja dalam rangkaian transformasi perpustakaan desa berbasis inklusi sosial (Kamis, 4/2).

Kepala UPT Perpustakaan, Dr. Ismet Sulila, menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan wujud implementasi perjanjian kerjasama UPT Perpustakaan dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Pohuwato.

“Kami berkunjung ke Desa Banuroja dalam upaya membangun perpustakaan desa sehingga bisa berkontribusi bagi masyarakat. Ini juga merupakan arahan dari Rektor UNG, bahwa setiap program perpustakaan harus betul betul memberi nilai manfaat yang riil bagi masyarakat,” jelas Ismet.

Ismet menuturkan bahwa UPT Perpustakaan akan memaksimalkan upaya pelibatan seluruh elemen masyarakat dan pemerintah dalam upaya membangun desa. “Lewat membaca buku dan melalui berbagai pelatihan yang dipusatkan di perpustakaan desa kelak, kami berharap masyarakat desa, khususnya di Banuroja ini, akan memiliki peluang untuk meningkatkan kualitas hidup keluarganya sehingga desa ini benar benar menjadi mandiri dan tangguh,” terang Ismet.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Pohuwato Lusiana Bouty, menyampaikan dukungan penuh atas kegiatan ini dengan harapan ada peningkatan kualitas hidup masyarakat yang diperoleh dari program perpustakaan berbasis inklusi sosial ini.

UPT Perpustakaan menghadirkan dua dosen UNG sebagai pemateri dalam sesi program inklusi sosial di Desa Banuroja, yaitu Dewa Gede Eka Setiawan, MSc dan Arif Hariyanto, SPd. Bersama dengan masyarakat dan kelompok karang taruna Desa Banuroja, Dewa membahas bagaimana membuat olahan nata de coco, dan Arif menyampaikan materi tentang perwasitan.

Sementara itu, dalam sesi diskusi terkait pengembangan kantor perpustakaan Desa Banuroja, Kepala UPT Perpustakaan yang didampingi oleh Abid (Ketua Bidang Pengembangan Kerjasama) dan Hans Ruchban (Pustakawan Madya) membahas langkah dan tahapan strategis terkait upaya menghidupkan kembali perpustakaan desa Banuroja yang pernah beroperasi beberapa tahun lalu bersama Yusri Ismail (Kasi Pembudayaan Kegemaran Membaca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Pohuwato), I Made Suardana (Kades Banuroja), Ahmad Faiz (Sekdes Banuroja) dan seluruh unsure pemerintah Desa Banuroja.

Agenda

23 Mei 2024

UNG Bersholawat

Kegiatan UNG bersholawat dilaksanakan pukul 19.15 WITA.

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0