UNG Bersama Mahkamah Konstitusi Helat Kegiatan Kemah Konstitusi

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 3 Oktober 2017 . 11:01:00

Jadi Wadah Tanamkan Pemahaman Konstitusi Sejak Dini

 

 

GORONTALO - Fakultas Hukum Universitas Negeri Gorontalo bekerjasama dengan Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar kegiatan berskala regional yakni kegiatan Kemah Konstitusi. Kegiatan yang akan dipusatkan di Pentadio Resort tersebut, secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Fence Wantu, SH,MH, Senin (2/10),.

Kemah konstitusi yang dilaksanakan selama 4 hari mendatang, melibatkan 59 peserta yang merupakan perwakilan 15 Sekolah di wilayah Sulawesi. "Melalui wadah kegiatan kemah konstitusi, para siswa akan dididik dan diberikan pemahaman akan hak konstitusi sebagai warga negara Indonesia," ungkap Ketua Panitia Hamid Tome, SH, MH,.

Ketua MK melalui Panitera Muda Mahkamah Konstitusi Muhidin, SH, MH, menuturkan, agenda kemah konstitusi yang dilaksanakan di UNG merupakan bagian implementasi kerjasama dengan MK, dalam upaya menyiarkan hal-hal berkaitan dengan konstitusi warga negara.

"MK sangat berbangga memiliki mitra kerja strategis seperti UNG, yang benar-benar penuh kesungguhan bekerjasama dengan MK," ungkapnya.

Sementara itu menurut Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UNG Dr. Fence, dipilihnya Fakultas Hukum UNG sebagai pelaksana kemah konstitusi menjadi kebanggaan tersendiri bagi UNG. Dr. Fence mengharapkan melalui kegiatan ini, generasi muda khususnya siswa peserta dapat memahami hak konstitusinya sebagai warga negara yang baik.

"Pemahaman akan konstitusi sudah seharusnya dapat ditanamkan sejak dini kepada masyarakat. Sehingga masyarakat sebagai warga negara dapat taat dan patuh dengan konstitusi yang berlaku di Indonesia," pungkas Dr. Fence.

Pembukaan kemah konstitusi kali ini, turut dirangkaian dengan Seminar Nasional menakar urgensi penguatan kewenangan mahkamah konstitusi dalam hal Constitusional complaint sebagai pelaksanaan fungsi perlindungan hak-hak konstitusional warga negara. (wahid)

Agenda

23 Mei 2024

UNG Bersholawat

Kegiatan UNG bersholawat dilaksanakan pukul 19.15 WITA.

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0