Simak 8 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mendaftar UTBK-SBMPTN 2020

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 12 Juni 2020 . 12:09:58

 

GORONTALO – Tahap pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) telah dimulai sejak tanggal 2 Juni 2020. Bagi Calon mahasiswa yang akan mendaftar UTBK-SBMPTN harus memperhatikan 8 hal berikut untuk bisa berpartisipasi dalam pendaftaran tersebut:

1. Pendaftaran UTBK-SBMPTN Dimulai 2 – 20 Juni 2020.Berdasarkan Surat Edaran Nomor: 11/SE.LTMPT/2020 tentang perubahan jadwal pelaksanaan UTBK 2020 yang dikeluarkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT), bahwa tahap pendaftaran UTBK-SBMPTN dibuka selama 19 hari mulai tanggal 2 Juni 2020 hingga tanggal 20 Juni 2020 mendatang.

2. Telah Memiliki Akun LTMPT.Salah satu tahap awal mendaftar UTBK-SBMPTN yakni harus mendaftar dan memiliki akun LTMPT. Pendaftaran akun LTMPT dilakukan seiring dengan kebijakan Single Sign On (SSO) yang mulai diberlakukan tahun ini oleh LTMPT.

3. Peserta Lulus SNMPTN, Tidak Bisa Mendaftar UTBK-SBMPTN.Sesuai ketentuan berlaku peserta yang telah dinyatakan lulus pada SNMPTN 2020 tidak diperbolehkan berpartisipasi dalam UTBK-SBMPTN 2020. Kebijakan ini dilakukan untuk menghindari kekosongan kursi SNMPTN, karena kuota kursi SNMPTN yang disediakan justru tidak diisi oleh siswa yang telah lulus karena ingin mendaftar SBMPTN.

4. Pilih Lokasi Pusat UTBK Terdekat Dengan Tempat Tinggal.Ketika mendaftar UTBK-SBMPTN, pendaftar diharuskan memilih lokasi pelaksanaan UTBK. Saat memilih lokasi ujian disarankan untuk memilih Pusat UTBK yang berdekatan dengan tampat tinggal, untuk mempermudah akses ke lokasi ujian.

5. Hanya Bisa Mendaftar UTBK-SBMPTN Satu Kali.Calon Mahasiswa hanya diberi kesempatan satu kali mendaftar oleh LTMPT, oleh karenanya kesempatan tersebut harus dipergunakan sebaik-baiknya.

6. Pilih Prodi Sesuai Persyaratan Jurusan SMTA yang Ditetapkan PTN.Salah satu hal penting yang harus dipahami oleh Calon Mahasiswa saat mendaftar SBMTPN yakni memilih Program Studi (Prodi) yang sesuai dengan persyaratan jurusan yang telah ditetapkan masing-masing PTN. Untuk bisa melihat persyaratan Jurusan yang ditetapkan oleh PTN melalui https://ltmpt.ac.id.

7. Pastikan Isian Data Sudah Benar, Termasuk Data Disabilitas.Ketika Mendaftar UTBK-SBMPTN para Calon Mahasiswa harus mengisi beberapa data dan informasi secara online. Data yang isi saat proses pendaftaran harus benar sesuai dengan data yang diminta. Selain itu untuk Calon Mahasiswa Disabilitas diwajibkan mengisi data yang dibutuhkan agar dalam pelaksanaan ujian nanti dapat disediakan fasilitas bagi yang berkebutuhan khusus.

8. Jika Sudah Simpan Permanen (Cetak Kartu), Data Tidak Dapat Diubah Lagi.Tahap akhir proses pendaftaran UTBK-SBMPTN yakni proses penyimpanan data secara permanen yang kemudian dilanjutkan dengan proses Cetak Kartu. Perlu diingat ketika proses simpan permanen telah dilakukan, data calon mahasiswa tidak dapat diubah lagi.

Agenda

23 Mei 2024

UNG Bersholawat

Kegiatan UNG bersholawat dilaksanakan pukul 19.15 WITA.

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0