Mahasiswa UNG Torehkan Prestasi Peringkat 2 Duta SDGs Nasional

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 18 Desember 2020 . 16:42:01

 

GORONTALO - Nama Universitas Negeri Gorontalo kembali bergaung ditingkat Nasional, setelah dua orang Mahasiswa UNG berhasil meraih peringkat 2 Nasional pada ajang pemilihan Duta Kampus SDGs Nasional 2020. Pada kegiatan yang pertama kali dilaksanakan oleh Kementerian PPN/Bappenas secara Nasional tersebut, Mahasiswa perwakilan UNG dikukuhkan menjadi salah satu yang terbaik setelah mengungguli perwakilan Perguruan Tinggi ternama lainnya yang ikut berpartisipasi.

Kedua Mahasiswa tersebut yakni Hendrawan Dwikurnia Datukramat Mahasiswa Farmasi, dan Exzalin Putri Fanda Hilala Mahasiswi Manajemen Ekonomi. Pengumuman kejuaraan ini disampaikan Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa pada acara “SDGs Annual Conference Build Forward Together: Bangkit bersama dari COVID-19 untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, yang turut dihadiri Presiden RI Joko Widodo.

Kepala Pusat Studi SDGs UNG Dr. Raghel Yunginger, M.SI, selaku pembina Duta SDGs UNG mengatakan, pencapaian yang ditorehkan Mahasiswa UNG merupakan hal yang luar biasa. Ini karena pada ajang tersebut, perwakilan UNG menjadi salah satu yang terbaik mengungguli Perguruan Tinggi ternama lainnya.

"Sebelum berkompetisi ditingkat Nasional, Duta SDGs UNG diberi pembimbingan yang dilaksanaka selama selama 2 minggu yang dikoordinir oleh Pusat Studi SDGs UNG, dengan melibatkan tim SDGs UNG serta para dosen dari Program Studi," ujar Raghel.

Dari hasil pembimbingan kata Raghel, melahirkan dua proposal unggulan program yang akan direncanakan untuk Tahun 2021 dan 2022. Untuk Hendrawan Datukramat mengangkat masalah stanting yang solusinya inovasi adalah PELITA DESA (Pengembangan Literasi Kesehatan) di Desa Hutadaa Kecematan Telaga Jaya, Kab. Gorontalo. Sedangkan Exzalin Putri Hilala, mengangkat masalah UMKM dengan topik “SMP UMKM (Sekolah Masyarakat Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Di Desa Tulo’a Kecematan Bulango Utara, Kab. Bone Bolango.

Sementara itu Rektor UNG Dr. Eduart Wolok, S.T, M.T, mengaku senang dengan catatan prestasi peringkat 2 Nasional yang ditorehkan Mahasiswa UNG. Pencapaian ini kata Rektor, merupakan buah manis dari komitmen serta keseriusan seluruh pihak tekait dalam mempersiapkan Mahasiswa untuk berkompetisi pada Pmilihan Duta Kampus SDGs Nasional 2020.

"Selamat untuk kedua Mahasiswa, ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi seluruh warga Kampus. Pencapaian ini diharapkan dapat menjadi pemacu Mahasiswa UNG untuk bisa berprestasi ditingkat Nasional," harap Rektor. (**)

 

Agenda

23 Mei 2024

UNG Bersholawat

Kegiatan UNG bersholawat dilaksanakan pukul 19.15 WITA.

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0