Genjot Potensi Inovasi Mahasiswa, UNG Bentuk Forum Mahasiswa Berprestasi

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 27 April 2018 . 10:16:00

 

GORONTALO – Keseriusannya dalam memaksimalkan potensi pengembangan inovasi diseluruh bidang yang benaung di lingkungan Kampus, terus ditunjukkan Universitas Negeri Gorontalo. Ditingkatan mahasiswa sendiri, keseriusan ditunjukkan UNG dengan membentuk sebuah forum khusus yang mewadahi potensi inovasi mahasiswa melalui Forum Mahasiswa Berprestasi (Formapres).

Menurut Kepala Pusat Inovasi Universitas (PIU) Dr. Sukma Nurilawati Botutihe, M.Psi, dibentuknya Formapres sebagai wadah para mahasiswa UNG dalam mewadahi, sekaligus mengembangkan potensi ide-ide hasil kreatifitas mahasiswa yang bermuara pada produk inovatif bagi kampus.

“Mahasiswa merupakan gudangnya ide-ide kreatif. Kemampuan para mahasiswa tersebut harus dapat kita dorong dan beri wadah seperti Formapres, agar dapat menghasilkan produk inovatif yang bermanfaat untuk masyarakat,” ungkap Dr. Sukma.

Formapres kata Dr. Sukma, merupakan Forum mahasiswa yang dibawahi langsung oleh Pusat Inovasi Universitas, yang nantinya akan berperan sebagai agen-agen pusat inovasi dalam menggairahkan semangat berinovasi dikalangan mahasiswa UNG.

“Forum ini kami bentuk dari kumpulan mahasiswa berprestasi UNG perwakilan dari seluruh Fakultas. Salah satu tugas utama dari Forum ini yakni, mensosialisasikan dan menggugah perilaku berinovasi dari civitas akademika UNG khususnya dikalangan mahasiswa, dalam menghasilkan karya penelitian berupa produk inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat,” terangnya.

Langkah Pusat Inovasi Univeritas dengan membentuk Formapres mendapat apresiasi dari Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, Menurut Rektor salah satu potensi besar inovasi pada Perguruan Tinggi ada pada ide-ide kreatif mahasiswa, dimana potensi ide tersebut harus dapat terus dirangsang dan dimotivasi agar dapat terus dikembangkan menjadi sebuah inovasi yang bermanfaat.

“Potensi kreatifitas mahasiswa sangat besar, tinggal bagaimana pihak kampus dapat menghimpun kreatifitas tersebut dan dapat terus dibina secara berkesinambungan agar mampu menghasilkan produk inovasi, yang dapat mendorong kemajuan dari kampus itu sendiri,” pungkas Rektor. (wahid)

Agenda

23 Mei 2024

UNG Bersholawat

Kegiatan UNG bersholawat dilaksanakan pukul 19.15 WITA.

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0