Pangan Lokal Harus Diolah Secara Kreatif

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 17 Oktober 2019 . 17:11:51

 

GORONTALO – Indonesia merupakan Negara yang kaya akan jenis pangan lokal diberbagai daerah khususnya di Provinsi Gorontalo. Mengkonsumsi pangan lokal memiliki banyak sekali manfaat yang jika dikonsumsi oleh masyarakat, akan tetapi pangan lokal tersebut belum banyak dimanfaatkan oleh masyarakat dan penggunaanya belum optimal. Fakta tersebut disampaikan Ketua Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) Prov. Gorontalo Ir. Zainudin Antuli, M.Si pada Seminar dan Expo Oprimalisasi Pangan Lokal Menuju Ketahanan Pangan Daerah.

“Pangan lokal selama ini belum optimal baik dari ketersediaan maupun pemanfaatannya untuk dikonsumsi. Padahal pemanfaatannya sangat penting untuk memenuhi kebutuhan makanan serta menopang ekonomi petani,” ungkap Zainudin.

Pengolahan pangan yang sangat terbatas kata Zainudin membuat pemanfataan pangan lokal menjadi kurang optimal, contohnya pangan lokal seperti umbi-umbian yang proses pengolahannya masih sangat tradisional yakni dengan cara direbus ketika dikonsumsi.

“Mendongkrak pemanfaatan pangan lokal dengan cara melakukan pengolahan secara kreatif. Dengan pengolahan secara kreatif, akan menjadikan olahan pangan lokal menarik minat masyarakat serta dapat meningkatkan nilai jualnya,” terangnya.

Menurutnya, pada era milenial kecenderungan masyarakat khususnya generasi muda mengkonsumsi makanan makanan yang menarik dan serba instan. “Olehnya pengolahan pangan lokal menjadi makanan juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat. Sehingga daya kebutuhan akan olahan pangan lokal dapat lebih meningkat,” tandasnya. (wahid)

Agenda

23 Mei 2024

UNG Bersholawat

Kegiatan UNG bersholawat dilaksanakan pukul 19.15 WITA.

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0