Mahasiswa Faperta Kreasikan Milu Siram Dalam Bentuk Instan

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 25 Maret 2017 . 13:40:09

 

GORONTALO - Makan khas masyarakat Gorontalo yakni Milu siram atau yang lebih dikenal dengan nama Binte Biluhuta, merupakan salah satu makanan Favorit bagi masyarakat Gorontalo. Jika sebelumnya makanan khas tersebut hanya dapat dinikmati secara langsung. Kali ini ditangan mahasiswa Fakultas Pertanian UNG, makanan primadona di Gorontalo tersebut juga dapat disajikan secara Instan.

Produk Milu Siram Instan atau Miris yang dikreasikan oleh Muh. Rizq Gobel, Satriawan Dai, Muh. Aditya Wirfahyafi, Olive Tiolemba dan Rekawati Bobihoe, menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin mengkonsumsi Milu Siram, tanpa direpotkan lagi dengan proses pembuatannya.

"Melalui produk Miris, kami mencoba menyajikan produk khas Gorontalo yakni Milu Siram dalam bentuk instan. Tujuannya untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengkonsumsinya," ujar Rizq.

Selain memudahkan masyarakat menyantap Milu Siram, produk Miris juga menjadi solusi bagi masyarakat Gorontalo, khususnya yang berada ditanah rantau maupun wisatawan yang ingin memperkenalkan Milu Siram sebagai bentuk oleh-oleh khas dari Gorontalo.

"Miris juga sangat praktis dan efisien untuk dijadikan sebagai buah tangan ketika berkunjung ke Gorontalo. Karena kemasan dan produknya yang dibuat instan, tidak akan membuat repot ketika dibawa," terangnya.

 

 

Dijelaskan Rizq, proses produksi Miris diawali dengan proses pencucian semua bahan utama yakni jagung dan dilanjutkan proses pemasakan dengan cara dikukus. Usai dikukus, jagung beserta ikan, serta sayur-sayuran pelengkap dilakukan proses pengeringan secara khusus dan di kemas semenarik mungkin untuk menarik minat konsumen, serta dilakukan pengecekan secara detail.

Dalam setiap kemasan, akan disediakan beberapa bahan untuk pembuatan milu siram instan. Seperti jagung manis rebus yang telah dikeringkan, kemudian ikan serta daun bawang, kemangi, parutan kelapa, bawang goreng, sambal serta kecap manis.

"Proses penyajiannya kata Rizq juga sangatlah mudah seperti proses pembuatan mie Instan pada umumnya. Dimana Jagung manis beserta rempah-rempah yang disediakan diseduh dengan air panas. Kemudian didiamkan selama 3 hingga 4 menit, dan kemudian siap disantap," terangnya.

Produk Milu Siram Instan atau Miris kata Rizq, dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet sehingga aman untuk dikonsumsi. Untuk penggunaannyapun dapat disimpan selama 1 hingga 2 bulan lamanya, dan akan sangat baik jika disimpan di lemari pendingin. (wahid)

Agenda

23 Mei 2024

UNG Bersholawat

Kegiatan UNG bersholawat dilaksanakan pukul 19.15 WITA.

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0