Implementasi Kerjasama Utara-Utara

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 1 Maret 2015 . 09:02:00

Bolmut Tetapkan “Goroho” jadi Produk Unggulan

Universitas Negeri Gorontalo selaku penggagas kerjasama Utara-utara terus berupaya mendata dan membahas keunggulan potensi di 3 wilayah, yaitu Kab. Gorontalo Utara, Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dan Buol Sulawesi Tengah.

Berdasarkan kunjungan UNG bersama perwakilan The Nederland Senior Expert yang tergabung dalam Programma Uitzending Managers (PUM) sebagai NGO yang menjadi tempat berkumpul para ahli dari berbagai bidang ilmu di Belanda yang membantu usaha kecil menengah di negara-negara berkembang yang juga disertai unsur Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI, Dr.Ir.Sugeng Budiharsono.

Direktur Sekretariat Bersama Kerjasama Utara-utara Dr. Fachrudin Zain Olilingo SE.,M.Si, menyampaikan, Pisang Goroho bakal jadi komoditi lokal unggulan wilayah Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Pisang Goroho memang tidaklah sepopuler jenis pisang lainnya, akan tetapi varitas ini menjadi produk lokal yang dimiliki dan dikembangkan masyarakat di wilayah Sulawesi Utara khususnya Bolmut. Guna mendorong potensi di daerah ini, UNG berusaha semaksimal mungkin bersama PUM untuk mendesain program guna pemberdayaan masyarakat.

Menurut Olilingo, Pisang Goroho bakal menjadi potensi besar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Bolmut. Selain mudah dipelihara, jenis tanaman ini diyakini banyak disukai baik masyarakat lokal maupun dari daerah lain. Bahkan pengelolaannya pun sangat mudah seperti dibuat kue, keripik, digoreng dan sebagainya, bakal memudahkan pengemasan dan pemasarannya. “Saya yakin betul pisang Goroho banyak disukai masyarakat dan saya yakin pemerintah akan menjadikannya Branding unggulan Bolmut”, kata Fachrudin.

Dikatakan Dosen Fakultas Ekonomi Bisnis UNG ini, hasil pembahasan bersama pemerintah termasuk Bappeda Bolmut bahwa pemberdayaan Goroho yang dikenal dengan julukan ilmiahnya Musa Acuminate masih sangat kurang bahkan tidak mencukupi permintaan masyarakat lokal. Karena itu, pasaran pisang Goroho masih sebatas makanan bagi masyarakat local dan nanti dikembangkan menjadi produk paten, jelasnya.

Menyahuti keinginan pemerintah daerah menjadikan produk pisang Goroho sebagai icon produk Bolmut, Dr. Ir. Sugeng Budiharsono menyampaikan bahwa setiap daerah bisa berhasil mencapai perekonomian yang maju apabila memiliki satu atau dua produk sebagai unggulan. Selain itu, guna mencapai itu semua, penting melakukan promosi ke luar. Menurut Sugeng, daerah yang ingin maju tidak harus menggelontorkan biaya besar, akan tetapi dengan membuat citra maupun publikasi yang bagus dapat mendatangkan investor. Ia mencontohkan publikasi berupa pembuatan film pendek (dokumenter) tentang potensi alam termasuk pariwitasa harus dilakukan daerah berkembang bahkan yang sudah maju.

Hal itu turut diamini Johan Koeslag Senior Expert Belanda. Ia mengatakan, pemerintah mesti berupaya memberi penekanan pada setiap potensi daerah seperti pengembangan pisang Goroho di Bolmut, ujar ahli peternakan ini. Selain itu, pemanfaatan lahan tidur sangat penting guna menghasilkan produk pisang Goroho yang lebih banyak agar dapat memenuhi permintaan pasar luar daerah. Diakhir pemaparannya, menurut Johan kedatangannya ke Indonesia khususnya di Bolmut selain melihat langsung kondisi wilayah, banyak ilmu dalam pengembang biakkan ternak yang siap diberikan sebagai bentuk pendampingan sebagai upaya memberi kontribusi bagi perekonomian masyarakat.

“Saya akan membagi ilmu yang saya miliki khususnya di bidang peternakan sapi guna membantu masyarakat, karena itu sudah tugas utama saya di PUM yang secara sukarela membantu negara berkembang termasuk Indonesia dalam mendesain program pemberdayaan masyarakat”, papar Johan. #

 

Agenda

23 Mei 2024

UNG Bersholawat

Kegiatan UNG bersholawat dilaksanakan pukul 19.15 WITA.

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0