Waspada Penyebaran Covid-19, UNG Perketat Penerapan Protokol Kesehatan UTBK

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 5 Juli 2020 . 19:03:16

 

GORONTALO – Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020 secara serentak dilaksanakan diseluruh wilayah Indonesia. Dalam pelaksanaan UTBK pada kondisi pandemi Covid-19, UNG sebagai salah satu pelaksana memperketat penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan ujian kali ini.

Diperketatnya penerapan protokol kesehatan untuk panitian maupun peserta ujian sesuai dengan instruksi Rektor UNG Dr. Eduart Wolok, S.T, M.T,. Tidak hanya sekedar mewajibkan penggunaan masker maupun menjaga jarak antar satu sama lain, petugas pelaksana juga dibekali dengan Alat Pelindung Diri (APD) untuk menghindari penularan Covid-19.

“Petugas yang bertugas di pintu masuk yang menyambut peserta ujian dibekali dengan pakaian APD, ini untuk meminimalisir kontak dalam kemungkinan menularkan atau ditularkan.,” ungkap Rektor.

Sebelum masuk ke ruang ujian peserta wajib dilakukan peserta juga diwajibkan mencuci tangan ditempat yang telah disediakan, dan dilakukan penyemprotan cairan disinfektan ke tangan peserta.

Selanjutnya peserta ujian akan dilakukan pengukuran suhu tubuh oleh petugas dengan batas suhu tubuh 37,5 derajat celcius. Jika ada yang melewati batas, petugas diinstuksikan untuk menolak peserta tersebut untuk mengikuti ujian dan akan dijadwalkan kembali pelaksanaannya.

“Setelah pelaksanaan ujian sesi pertama, ruang ujian akan disterilkan kembali oleh petugas, dengan menyemprotkan cairan disinfektan sebelum digunakan pada sesi kedua. Ini sebagai upaya untuk menjamin fasilitas UTBK UNG bebas dari virus Covid-19,” terangnya.

Langkah memperketat penerapan protokol kesehatan dilakukan, karena pada UTBK kali ini UNG akan kedatangan 4127 peserta ujian yang berasal dari berbagai Daerah dengan kondisi individu setiap peserta yang berbeda-beda.

“Dikhawatirkan kedatangan ribuan peserta dari berbagai daerah ini tanpa penerapan protokol kesehatan yang ketat dapat memunculkan cluster baru penularan virus Covid-19, sehingga diperketatnya penerapan protokol kesehatan sangat penting untuk mencegahnya,” terangnya.

Menurut Rektor, UNG memiliki tanggung jawab besar dalam menyukseskan pelaksanaan UTBK kali ini tanpa menyampingkan aspek kesehatan ditengah situasi pandemi saat ini. Sehingga seluruh perangkat ujian maupun peserta harus benar-benar disiplin dan mengutamakan protokol kesehatan yang telah ditentukan. (**)

Agenda

23 Mei 2024

UNG Bersholawat

Kegiatan UNG bersholawat dilaksanakan pukul 19.15 WITA.

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0