Wakil Ketua MPR-RI Lestari Moerdijat Bekali Jiwa Kepemimpinan kepada Mahasiswa

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 2 Desember 2019 . 18:51:00

 

GORONTALO – Menjelang akhir tahun 2019, mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo kedatangan tamu yang sangat istimewa yakni Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI) Lestari Moerdijat, Senin (2/12),.. Kedatangan salah satu pimpinan MPR-RI tidak hanya bertatap muka dengan mahasiswa, namun juga sekaligus membekali mahasiswa terkait jiwa kepemimpinan melalui kegiatan kuliah umum.

Wakil Ketua MPR-Ri Lestari Moerdijat dalam kuliahnnya mengatakan, jiwa kepemimpinan merupakan salah satu syarat yang harus dimiliki untuk menjadi seorang pemimpin. “Sebagai seorang mahasiswa sudah seharusnya jiwa kepemimpinan sangat penting untuk dimiliki, karena mahasiswa merupakan calon penerus bangsa Indonesia dimasa mendatang,” ungkap Lestari

Lebih lanjut dijelaskan Lestari, sosok kepemimpinan 2030 yang diperlukan yakni kepemimpinan yang individu tersebut harus menjadi pemimpin yang tidak melihat diri mereka sebagai sosok pahlawan dan pelindung, serta individu yang tidak mementingkan ego-nya.

Pemimpin masa depan menurut Lestari bukanlah orang-orang yang egosentris, melainkan pemimpin yang altrosentris. Karakter penentu dari kepemimpinan altrosentris yakni mengutamakan kepentingan orang lain dibanding kepentingan diri sendiri, serta mampu melihat diri pribadi sebagai satu bagian dari seluruh kesatuan yang utuh.

“Saya menyakini mahasiswa UNG saat ini ditahun 2030 dapat menjadi seorang pemimpin altrosentris yang dapat melanjutkan perjuangan bangsa ini,” seru Lestari yang disambut sorak penuh optimisme mahasiswa.

Sementara itu Rektor UNG Dr. Eduart Wolok, ST, MT, mengatakan kuliah umum merupakan cara dan upaya UNG untuk mengakselarasi pengetahuan mahasiswa terutama pengembangan softskill dalam menghadapi persaingan global.

“Ini merupakan bentuk upaya mengakselarasikan pengetahuan mahasiswa, terutama dalam pengembangan kapasitas individu dan softskill dalam menghadapi persaingan global langsung dari Narasumber yang ahli,” terangnya. (wahid)

Agenda

23 Mei 2024

UNG Bersholawat

Kegiatan UNG bersholawat dilaksanakan pukul 19.15 WITA.

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0