Tim DPR-RI Minta Masukan RUU Persandian ke Jurusan Informatika

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 2 Maret 2017 . 10:49:42

 

GORONTALO - Dalam rangkaian kegiatan penggodokan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Persandian. Tim Badan Keahlian DPR-RI menggelar dialog serta diskusi dengan civitas akademika Fakultas Teknik (Fatek) UNG khususnya Jurusan Teknik Informatika, dalam meminta masukan dan saran terkait penyusunan RUU Persandian, Rabu (1/3), di Aula Fatek.

Diskusi yang banyak melibatkan civitas akademika Jurusan Teknik Informatika tersebut, turut diikuti sejumlah mahasiswa. Bahkan mahasiswa yang hadir dalam pertemuan tersebut sangat antusias dalam memberikan sumbangsih gagasan dan pemikiran terkait penyusunan RUU tentang Persandian tersebut.

Ketua Tim Badan Keahlian DPR-RI Ahmad Budiman mengungkapkan, Tim Badan Keahlian DPR-RI saat ini ditugaskan untuk menyusun RUU tentang Persandian. Untuk itu diperlukan sebuah kajian atau riset, diantaranya dengan pendalaman melalui diskusi ditingkat pusat maupun daerah.

"Diskusi melibatkan seluruh aspek yang menyelenggarakan persandian seperti bidang keamanan dan pertahanan. Serta juga turut melibatkan masyarakat khususnya perguruan tinggi yang membidangi teknologi," ujar Ahmad.

Melalui diskusi bersama civitas akademika Jurusan Teknik Informatika, Ahmad berharap masukan yang membangun dari pemikiran mahasiswa, tentang persoalan pemanfaatan IT khususnya persandian bagi pemerintah maupun masyarakat.

 

 

Dekan Fakultas Teknik Moh. Hidayat Koniyo, ST, M.Kom, menyambut baik dialog dalam upaya penyempurnaan RUU tentang Persandian yang digagas tim Badan Keahlian DPR-RI. Menurutnya topik diskusi memiliki kaitan erat dengan Fatek, karena memiliki jurusan yang membidangi terkait teknisi yakni jurusan teknik informatika.

"Civitas akademika Fatek sangat terbuka dengan diskusi dan dialog semacam ini. Terlebih Fatek juga sangat aktif baik itu secara langsung maupun tidak langsung, dalam berkontribusi pada pemerintah daerah terkait perkembangan bidang keteknikan," terang Hidayat.

Sementara itu Ketua Jurusan Teknik Informatika Tajuddin Abdillah, S.Kom, M.Sc, menambahkan, momentum diskusi bersama Tim Badan Keahlian DPR-RI menjadi sangat istimewa karena civitas akademika Teknik Informatika baik itu dosen dan mahasiswa, dapat turut serta menyumbangkan sedikit gagasan dan pemikiran positif penyempurnaan RUU tentang Persandian.

"Mahasiswa kita juga banyak memiliki ide dan gagasan yang cukup baik. Sehingga ini juga menjadi wadah mereka untuk menyalurkan gagasan ide kreatif yang mereka miliki," tandasnya. (wahid)

Agenda

23 Mei 2024

UNG Bersholawat

Kegiatan UNG bersholawat dilaksanakan pukul 19.15 WITA.

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0