Sempurnakan Penulisan Buku Dosen, UPT Perpustakaan Gelar Bedah Buku

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 12 Maret 2020 . 14:18:00

 

 

GORONTALO – Diawal tahun 2020 UPT. Perpustakaan UNG kembali melaksanakan bedah Buku, yang difokuskan pada karya Dosen di lingkungan UNG. Berbeda dengan sebelumnya, konsep pelaksanaan bedah Buku dilakukan untuk para Dosen tengah menyusun buku ilmiah dari hasil penelitian.

Menurut Kepala UPT. Perpustakaan UNG Dr. Ismet Sulila, M.Si, proses bedah buku akan mengulas draf penyusunan buku hasil riset yang sementara disusun oleh para Dosen. Dimana dalam proses pembedahan akan mengulas dan mengkoreksi kekurangan yang ada dalam proses penulisan buku.

“Hasil diskusi bedah buku akan dijadikan sebagai referensi dari penulis, untuk melakukan penyempurnaan isi buku sebelum dicetak nanti,” ungkap Ismet.

Tidak hanya sekedar membedah, UPT. Perpustakaan kata Ismet akan membantu serta mengawal tindaklanjut dari hasil bedah buku, kemudian difasilitasi hingga tahap penerbitan dan publikasi baik itu dalam bentuk hardcopy maupun e-book.

“Dalam tahap awal bedah buku ada 10 buku Dosen mewakili 10 Fakultas yang akan dibedah bersama dengan turut serta melibatkan para Pakar, Dosen dan mahasiswa,” terangnya.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Karmila Mahmud, M.A, Ph.D, proses pembedahan isi buku merupakan tahap penting dalam menghasilkan sebuah buku yang berkualitas. Karena dalam prosesnya akan banyak masukan yang diperoleh penulis, yang dapat digunakan dalam menyempurnakan penyusuna buku sebelum dilepas ke Masyakarat.

Ia berharap bedah buku menjadi wadah untuk menstimulasi Dosen dan Mahasiswa untuk terus menulis buku sebagai luaran dari produk penelitian.

“Sebagai penulis tentunya butuh motivasi dan wadah yang dapat memfasilitas dalam menulis buku. Langkah bedah buku yang dilakukan UPT. Perpustakaan sangat penting dalam memotivasi dan mewadahi semangat Dosen dalam menulis,” harapnya. (wahid)

Agenda

23 Mei 2024

UNG Bersholawat

Kegiatan UNG bersholawat dilaksanakan pukul 19.15 WITA.

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0