Rektor: Dosen UNG Harus Memiliki Karakter

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 26 April 2016 . 16:46:00

 

GORONTALO - Sebagai seorang tenaga pendidik, dosen dituntut untuk memiliki karakter yang baik dan profesional. Karena dalam menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai pendidik di lingkungan kampus, mereka juga berperan model, yang dalam artian sebagai teladan bagi peserta didik yang dibimbingnya, baik itu meliputi perkataan, perbuatan maupun tingkah laku.

"Membangun karakter dosen mutlak harus dilakukan. Dengan memiliki karakter yang baik dan profesional, mahasiswa dapat menjadikan dosen sebagai model dan tauladan yang baik untuk diikuti," ungkap Rektor Universitas Negeri Gorontalo Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, saat memberikan arahan pada kegiatan Pelatihan Character Building dan Pekerti AA yang digagas Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M), Senin (25/4).

Membangun karakter yang baik dan profesional kata Rektor, juga merupakan langkah pencegahan terhadap kecenderungan sikap pragmatis, hedonis dan matrealistis, ketika berada di lingkungan kampus. Bahkan dikhawatirkan perilaku semacam ini, dapat menjangkiti masyarakat di kampus.

"Sikap semacam ini tentunya sangat tidak bagus dalam perkembangan dunia pendidikan, sehingga perlu diantisipasi dengan membangun kualitas karakter dosen," terangnya.

Salah satu unsur penting dalam membangun karakter menurut Rektor, adalah menumbuhkan rasa cinta kepada kampus. Karena dengan memiliki rasa cinta tersebut dengan kondisi Kampus apa adanya, seluruh civitas akan terus termotivasi dalam melakukan yang terbaik untuk kampus dan mahasiswa.

Sebelumnya, Ketua LP3M Prof. Dr. Abdul Karim Masaong menuturkan, pelatihan Character Building dan Pekerti AA merupakan implementasi dalam program revolusi mental di lingkungan UNG. Hal ini penting kata Prof. kadim, agar para dosen dapat memiliki karakter sebagai contoh yang bisa memberikan penguatan dan motivasi kepada mahasiswa. (wahid)

Agenda

23 Mei 2024

UNG Bersholawat

Kegiatan UNG bersholawat dilaksanakan pukul 19.15 WITA.

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0