Program Mahasiswa KKN Kebangsaan Desa Laut Biru

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 2 Agustus 2017 . 11:21:19

Lakukan Pelatihan, Penyuluhan dan Konservasi Terumbu Karang

 

 

GORONTALO - Setelah kurang lebih seminggu melakukan kegiatan pengabdian pada 60 Desa di Kabupaten Bone Bolango, para mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan mulai menjalankan berbagai program pengabdian masing-masing kelompok disetiap Desa. Untuk mahasiswa KKN Kebangsaan di Desa Laut Biru, saat ini tengah gencar-gencarnya melakukan program penyuluhan akan konservasi lingkungan terumbu karang.

Dosen Pembimbing KKN Kebangsaan Desa Laut Biru Zhulmaydin Chairil Fachrussyah, S.St,Pi, M.Si, mengungkapkan, program penyuluhan, pelatihan dan konservasi terumbu karang dilakukan, karena berdasarkan pengamatan kondisi terumbu karang di wilayah Desa Laut Biru mengalami kerusakan yang cukup serius. Hal ini mengakibatkan selain rusaknya ekosistem laut, juga berdampak pada kurangnya ikan disekitar perairan Desa Laut Biru.

"Hasil identifikasi awal kami, kondisi terumbu karang disini sudah rusak, untuk itu perlu dilakukan konservasi kembali untuk menghidupkan kembali ekosistem laut dan potensi ekonomi dari laut tersebut," ungkapnya.

Dalam upaya konservasi tersebut Zhulmaydin menjelaskan, peserta KKN Kebangsaan gencar melakukan penyuluhan dan pelatihan secara intensif kepada masyarakat dengan melibatkan aparat Desa dan Kecamatan, akan pentingnya konservasi dan melakukan penataan terumbu karang tersebut.

 

 

"Kemudian juga dilakukan penanaman sekita 150 bibit terumbu karang disekitar laut Desa Laut Biru. Penanaman dilakukan mahasiswa dan masyarakat," terangnya.

Untuk keberlangsungan program konservasi, mahasiswa juga telah membentuk kelompok pemerhati konservasi lingkungan Desa Laut Biru, yang nantinya akan melanjutkan program upaya konservasi lingkungan setelah program KKN Kebangsaan berakhir.

"Kami juga mendorong Aparatur Desa untuk dapat mengeluarkan peraturan terkait pemanfaatan wilayah laut," ujarnya.

Mahasiswa KKN Kebangsaan Desa Laut Biru Kecamatan Bone Raya terdiri dari 7 mahasiswa yakni, Alvi Nur Faizatin ini (Univ. Trunojoyo Madura), Ferdian Wahyu Satria (ISI Padang Panjang), Haris Kurnia (Univ. Riau), Lia Asriqah (Univ. Mulawarman), serta Cindra Tagoi, Mohammad Andriyansyah Ismail, dan Rusmani Tasanif (UNG). (wahid)

Agenda

23 Mei 2024

UNG Bersholawat

Kegiatan UNG bersholawat dilaksanakan pukul 19.15 WITA.

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0