Pimpin Apel Bersama Civitas Akademika, Rektor Paparkan Capaian UNG di Tahun 2023

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 2 Januari 2024 . 15:52:03

GORONTALO – Perjalanan panjang ditahun 2023 menjadi perjalanan yang membanggakan bagi Universitas Negeri Gorontalo. Bahkan menurut Rektor UNG Prof. Dr. Ir. Eduart Wolok, S.T., M.T., tahun 2023 menjadi tahun yang penuh dengan berkah seluruh civitas akademika, dengan melihat berbagai pencapaian dan prestasi yang berhasil ditorehkan.

“Tahun 2023 merupakan tahun pertama bagi UNG dapat mengisi delapan sektor penilaian Indikator Kinerja Utama (IKU) universitas, setelah ditahun-tahun sebelumnya tidak bisa kita penuhi seluruhnya. Berkat hasil ini mengantarkan UNG bertengger di posisi 30 besar perguruan tinggi negeri di Indonesia,” ungkap Rektor.

Selain sukses dalam pencapaian IKU, UNG untuk pertama kalinya berhasil mengantarkan dua mahasiswa mengikuti program prestisius pertukaran mahasiswa ke dua perguruan tinggi luar negeri di Taiwan dan Itali. Keberhasilan tersebut menjadi sangat membanggakan, karena hingga saat ini belum semua perguruan tinggi bisa mengirimkan mahasiswa mengikuti program tersebut.

“Akreditasi internasional juga berhasil kita wujudkan ditahun 2023 kemarin, tercatat ada 5 program studi yang berhasil meraih akreditasi tersebut diantaranya S1 pendidikan fisika, S1 pendidikan kimia, S1 pendidikan biologi, S1 pendidikan geografi, dan S1 pendidikan bahasa inggris,” terang rektor.

Untuk bidang kemahasiswaan juga berhasil menorehkan prestasi penting, dimana untuk pertama kalinya mahasiswa UNG berhasil meraih medali pada ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2023. Sedangkan pada ajang PEKSIMINAS dan POMNAS, mahasiswa UNG juga meraih beragai prestasi yang menempatkan Provinsi Gorontalo menjadi yang terbaik di wilayah timur Indonesia.

“Berbagai pencapaian tersebut dilengkapi dengan pencapaian UNG untuk pertama kalinya memiliki jurnal terindeks scopus oleh jurnal Jambura Law Review,” terangnya.

Menurut rektor sederet pencapaian tersebut dapat dicapai berkat sinergitas dan kolaborasi seluruh civitas akademika UNG. Pencapaian dan prestasi menunjukkan UNG saat ini sudah berada pada jalur yang benar, serta menjadi tantangan yang berat bagi pimpinan periode 2023-2027 untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan berbagai pencapaian saat ini. (**)

Agenda

9 September 2024

Apel Bersama Civitas Akademika UNG

Apel dalam rangkaian peringatan hari lahir UNG

23 Agustus 2024

Coaching dan Pelepasan Peserta UNG Mengajar Terintegrasi Membangun Desa

.

23 Mei 2024

UNG Bersholawat

Kegiatan UNG bersholawat dilaksanakan pukul 19.15 WITA.

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0