Persiapan UTBK SBMPTN 2019 Terus Dipermantap

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 4 Maret 2019 . 10:12:24

 

GORONTALO – Dengan diterapkannya sistem ujian berbasis online yakni Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada tahap Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019, membuat UNG terus gencar memberikan pemahaman tentang metode UTBK. Untuk itu UNG melakukan workshop dan Pelatihan Sistem UTBK 2019, dengan menyasar para pengawas ujian UTBK sebagai fokus pelatihan, Minggu (4/3),.

Menurut Dr. Sukarman Kamuli, M.Si, selaku penanggungjawab kegiatan, Workshop dan Pelatihan sengaja terfokus pada pengawas ujian karena merupakan elemen pendukung pelaksanaan UTBK SBMPTN 2019. Terlebih sebagai unsur pendukung UTBK, pengawas ujian memiliki tanggung jawab dan pengaruh besar dalam memastikan suksesnya pelaksanaan ujian nanti.

“Pelatihan ini menjadi komitmen kita untuk mewujudkan pelaksanaan UTBK yang sukses tanpa adanya masalah,” ungkapnya.

Untuk pelaksanaan UTBK di Provinsi Gorontalo kata Sukarman, para peserta dapat mengikuti tahap ujian di 6 lokasi ujian yakni berlokasi di UNG, SMA 1 dan SMA 3 Kota Gorontalo, serta SMK 1, SMK 2 dan SMK 3 Kota Gorontalo.

“Beberapa mitra kita libatkan dalam memenuhi kebutuhan fasilitas UTBK di Gorontalo. Insyaallah dukungan para mitra khususnya Sekolah dapat menyukseskan pelaksanaan UTBK di Gorontalo,”harapnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruwadi, M.P, mengingatkan bahwa tahap ujian seleksi SBMPTN seluruhnya telah berbasis komputer dilakukan secara online tanpa ada lagi ujian berbasis kertas. Pelaksanaannya hanya dilakukan dilokasi dan waktu tertentu yang dipandu langsung oleh para pengawas khusus.

“Proses dan kesuksesan pelaksanaan ujian oleh peserta sangat tergantung dari para admin dan pengawas. Untuk itu fungsi peran pengawas harus dipermantap agar proses ujian dapat berjalan sukses melalui workshop dan pelatihan,” terangnya.

Dengan begitu pentingnya peran admin dan pengawas, Mahludin berharap dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara teliti dalam menjamin keberhasilan proses UTBK nanti. “Dengan siapnya sarana dan prasarana serta perangkat pendukung ujian utamanya pengawas, insyaallah proses UTBK di Gorontalo dapat berjalan lancar,” tandasnya. (wahid)

Agenda

23 Mei 2024

UNG Bersholawat

Kegiatan UNG bersholawat dilaksanakan pukul 19.15 WITA.

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0