Perguruan Tinggi Berperan Penting Dukung Pertumbuhan Ekonomi

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 3 Mei 2017 . 08:56:09

 

GORONTALO - Seiring dengan berbagai tantangan yang dihadapi Pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan terapan bagi masyarakat khususnya dibidang ekonomi, membutuhkan dukungan dari seluruh pihak khususnya Perguruan Tinggi.

Salah satunya melalui bidang pengabdian kepada masyarakat, dengan peningkatan relevansi pendidikan tinggi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi melalui kerjasama. Baik itu meliputi kerjasama antar perguruan tinggi dengan pemerintah daerah maupun industri, untuk menyelesaikan problem-problem riil yang dihadapi masyarakat, baik itu problem produksi, distribusi maupun teknologi.

"Untuk bisa menarik minat kerja Pemerintah daerah dan industri dalam menyelesaikan problem riil, Perguruan Tinggi harus membuktikan terlebih dahulu kalau mampu menyelesaikan problem tersebut," ungkap Rektor Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, saat membacakan sambutan Menristekdikti pada Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional di lingkungan UNG, Selasa (2/5).

Untuk bisa membuktikan kemampuannya menyelesaikan problem praktis di masyarakat salah satunya melalui program kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Dengan didukung kebijakan dari setiap Perguruan Tinggi melalui pemberian penghargaan maupun insentif yang cukup bagi dosen, untuk melakukan kegiatan pengabdian yang bermutu dan relevan dengan kebutuhan masyarakat dan industri.

Dijelaskan Rektor, peningkatan relevansi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi tidak mungkin dilakukan Perguruan Tinggi sendiri. Namun upaya tersebut membutuhkan kerjasama antar institusi pendidikan tinggi, Institusi riset, Pemerintah, dunia industri serta pemangku kepentingan lainnya.

"Untuk itu berkolaborasi menjadi hal mutlak yang harus dilakukan, dalam menjadikan Perguruan Tinggi yang inovatif dan kompetitif," pungkasnya. (wahid)

Agenda

23 Mei 2024

UNG Bersholawat

Kegiatan UNG bersholawat dilaksanakan pukul 19.15 WITA.

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0