Pengabdian Masyarakat Bersama Jurusan ITK - Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 21 November 2016 . 10:41:15

Beri Penyuluhan Kebencanaan Bagi Siswa Sekolah se Kec.Tapa 

 

 

GORONTALO - Bencana alam sering kali menjadi salah satu permasalahan yang kerap menimbulkan kerugian di masyarakat. Untuk memberikan pengetahuan serta pemahaman kepada masyarakat tentang bencana alam, Jurusan Ilmu Teknologi Kebumian dan Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, berupa penyuluhan Kebencanaan Bagi siswa SMP/MTs se Kec. Tapa, Jumat (18/11), di SMPN 1 Tapa.

Pelaksanaan penyuluhan melibatkan sejumlah dosen diantaranya Prof. Dr. Moh Karmin Baruadi, M.Hum, yang mengulas materi penyuluhan konservasi budaya dan lingkungan hidup berbasis kearifan lokal, Dr. Sunarty Eraku, M.Pd, menyampaikan materi Mitigasi/penanggulangan bencana, Syahrizal Koem, M.Si membawakan materi bencana alam yang disebabkan cuaca dan iklim, serta Noviar Akase, ST, M.Sc, menyampaikan materi Geologi dan potensi bencana.

Dr. Sunarty Eraku, M.Pd menuturkan, penyuluhan dilakukan sebagai upaya dalam meningkatkan pengetahuan, kreatifitas serta keterampilan siswa dan guru sekolah, dalam menanggulangi bencana alam. Dengan adanya pemahaman tersebut, diharapkan dapat meminimalisir dampak yang ditimbulkan oleh bencana alam.

"Peserta penyuluhan juga dilatih menanggulangi bencana ketika sebelum bencana, kemudian pada saat terjadi bencana, dan pasca terjadinya bencana alam," tutur Dr. Sunarty.

Penyuluhan kata Dr. Sunarty, sengaja melibatkan Sekolah, karena Sekolah merupakan pusat segala kegiatan pembelajaran, dan terjadinya interaksi antara siswa, orang tua dan lingkungan.

"Melalui penyuluhan ini diharapkan dapat menghasilkan siswa dan guru yang terlatih dalam menanggulangi bencana alam pada saat sebelum terjadinya bencana. Siswa Sekolah yang menjadi objek penyuluhan juga diharapakan berperan sebagai penyebar informasi di masyarakat, khususnya lingkungan keluarga," harapnya. (wahid)

Agenda

23 Mei 2024

UNG Bersholawat

Kegiatan UNG bersholawat dilaksanakan pukul 19.15 WITA.

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0