Pendidikan Geografi Permantap Proses Pendidikan Melalui Revitalisasi Kurikukum

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 4 November 2016 . 10:09:51

 

GORONTALO - Meskipun telah mampu mengantongi akreditasi A Program Studi (Prodi), Prodi Pendidikan Geografi terus melakukan perbaikan dalam mewujudkan proses pendidikan yang semakin baik lagi. Hal ini diwujudkan dengan dilakukannya Revitalisasi Kurikukum pendidikan, Kamis (3/11), di Aula Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Ketua Jurusan Ilmu Teknologi Kebumian Dr. Sunarty Suly Eraku, S.Pd., M.Pd, yang menaungi Prodi Pendidikan Geografi menuturkan, beberapa waktu lalu Prodi Pendidikan Geografi telah memperoleh hibah penyusunan kurikulum. Dan revitalisasi kurikulum kata Dr. Sunarty, dilakukan sebagai pengembangan kurikulum yang telah ada, sesuai standar KKNI, Dikti dan Sekolah.

"Revitalisasi kurikulum merupakan salah satu langkah yang dilakukan untuk semakin meningkatkan kualitas pendidikan Prodi Pendidikan Geografi. Terlebih dengan status akreditasi A, membuat Prodi ini dituntut untuk dapat mampu memberikan pendidikan yang semakin baik lagi," ungkap Dr. Sunarty.

Dijelaskannya revitalisasi kurikulum sengaja melibatkan stake holder khusus para Guru sejumlah Sekolah, untuk penyesuaian terhadap materi apa saja yang dibutuhkan dalam mendidik para mahasiswa. Karena memang output dari Prodi Pendidikan Geografi salah satunya bergelut dengan profesi guru Sekolah.

"Selain guru sekolah kami juga melibatkan beberapa stake holder pengguna Output dari Prodi Pendidikan Geografi. Karena selain menjadi Guru, lulusan Prodi ini juga bergelut dengan beberapa bidang kerja lainnya salah satunya sebagai seorang analis," jelas Dr. Sunarty.

Dekan FMIPA Prof. Dr. Evi Hulukati, M.Pd, mengatakan, revitalisasi kurikulum yang dilakukan jajaran FMIPA, merupakan upaya untuk menjawab tantangan, dimana kurikulum yang ada di Perguruan Tinggi ingin disamakan dengan kurikulum yang ada di Sekolah.

"Revitalisasi juga merupakan lanjutan dari forum MIPA beberapa waktu lalu, untuk menyamakan persepsi kurikulum Perguruan Tinggi. Agar nantinya ketika program pertukaran mahasiswa tidak akan ada kendala lagi dalam proses pengambilan SKS perkuliahan," terang Prof. Evi.

Sementara itu Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, mengatakan, sebagai salah satu Prodi terbaik di UNG, sudah seharusnya Pendidikan Geografi terus berakselerasi meningkatkan kualitas pendidikannya. Karena dengan telah berakreditasi A, style pendidikan yang dilakukan sudah Harus berbeda dengan sebelumnya. Baik itu meliputi proses pembelajaran maupun pembinaan mahasiswa. (wahid)

Agenda

23 Mei 2024

UNG Bersholawat

Kegiatan UNG bersholawat dilaksanakan pukul 19.15 WITA.

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0