Pemkab Gorontalo dan UNG Berkolaborasi Wujudkan Ketahanan Pangan Nasional

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 26 November 2018 . 08:38:32

 

GORONTALO – Upaya untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional khususnya melalui tingkatan daerah dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo, dengan berkolaborasi dengan jajaran akademisi Universitas Negeri Gorontalo. Bentuk kolaborasi elemen pemerintahan dan akademisi tersebut direalisasikan melalui Seminar Nasional Integrated Farming System, Minggu (25/11), di Maqna Hotel Gorontalo.

Bupati Kabupaten Gorontalo Prof. Dr. Ir. Nelson Pomalingo, mengungkapkan, kolaborasi antara Pemkab Gorontalo dan UNG melalui seminar, menjadi salah satu langkah yang dilakukan untuk mendukung terlaksananya program strategis Pemerintah Daerah. Dimana salah satu program yang digagas yakni mendukung terciptanya program pertanian dan peternakan terpadu.

“Program pertanian dan peternakan tersebut tidak terlaksanan dengan baik tanpa adanya dukungan kalangan akademisi. Karena memang selama ini Pemda berusaha mengembangkan daerah melibatkan 4 pilar yakni Goverment, businesman, society dan akademisi,” ungkap Prof. Nelson.

Menurut Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, dalam mendukung program-program strategis pemerintah sudah seharusnya dapat melibatkan elemen akademisi di lingkungan perguruan tinggi. Karena berbagain kajian-kajian yang dilakukan akademisi dapat menjadi solusi dalam menghasilkan program inovatif dalam pengembangan daerah.

“Wadah seminar diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi yang dapat menjadi masukan bagi pemerintah khususnya Kabupaten Gorontalo, dalam mendukung pembangunan secara terpadu guna mewujudkan ketahanan pangan nasional,” terangnya.

Seminar Nasional Integrated Farming System mengusung tema pembangunan pertanian, peternakan dan perikanan berkelanjutan menuju ketahanan pangan nasional, menghadirkan pembicara utama yang merupakan para pakar nasional dibidang pertanian, peternakan dan perikanan Nasional, yakni Prof. Dr. Ir Syamsuddin Hassan, M.Sc, Prof. Dr. Ir. Yunus Musa, M.Sc, Guru Besar Universitas Hasanuddin, dan Prof. Dr. Ir. Rene Charles Kepel, DEA Guru besar Universitas Sam Ratulangi. (wahid)

Agenda

23 Mei 2024

UNG Bersholawat

Kegiatan UNG bersholawat dilaksanakan pukul 19.15 WITA.

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0