Pakar Teknik Elektro Bahas Inovasi dan Pengembangan Elektrifikasi di UNG

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 20 Oktober 2017 . 07:46:00

 

GORONTALO - Sebanyak 316 perwakilan Program maupun Jurusan Teknik Elektro dan Informatika dari Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta, saling bertemu dan membahas perkembangan bidang elektro dan informatika di UNG, Kamis (19/10),.

Pertemuan yang dibalut dalam kegiatan Temu Nasional XI Forum Pendidikan Tinggi Teknik Elektro Indonesia (Fortei) 2017, mengusung tema inovasi pengembangan EBT dalam rangka akselarasi dan elektrifikasi di Indonesia Timur.

"Tema ini diangkat berangkat dari fakta tidak seimbangnya antara permintaan dan ketersediaan energi. Sehingga harus dilakukan penguatan kemandirian energi, melalui pengembangan energi terbarukan," ungkap Ketua Panitia Fortei 2017 Ervan Hasan Harun, ST, MT,.

Melalui wadah berkumpulnya pakar bidang Elektro, menjadi wadah mendiskusikan topik-topik Nasional terkait keilmuan rumpun teknik Elektro. Serta menyimpulkan dan memberikan solusi dan rekomendasi masukan bagi pemangku kepentingan, dalam mengatasi isu-isu dibidang elektro.

Ketua Fortei Dr. Wahyudi, ST, MT, menuturkan, ajang Fortei menjadi wadah komunikasi bagi pendidikan teknik elektro se Indonesia. Diharapkan dapat memberikan kontribusi dan peran sebagai wujud tanggung jawab, dalam memberikan solusi atas persoalan di bidang teknik elektro.

"Peran maupun kontribusi dapat kita wujudkan melalui komunikasi yang dibangun seperti pada froum Fortei. Apalagi banyak hasil riset yang bisa kita saling share pada forum ini," ujar Wahyudi.

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruwadi, MP, kehadiran Forum Fortei memberikan inspirasi dan motivasi bagi Jurusan Teknik Elektro UNG, untuk terus berkembang dan sejajar dengan Perguruan Tinggi ternama lainnya. Apalagi Teknik Elektro terhitung masih muda, dengan beberapa kekurangan.

"Forum ini juga diharapkan mampu menghasilkan rekomendasi penting bagi pemerintah, dalam mendukung program ketersediaan listrik dalam memenuhi kebutuhan masyarakat," harapnya. (wahid)

Agenda

23 Mei 2024

UNG Bersholawat

Kegiatan UNG bersholawat dilaksanakan pukul 19.15 WITA.

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0