Mapala Alaska Gelar Ekspedisi Merah Putih 2

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 7 Agustus 2015 . 08:32:00

Bakal Taklukkan Puncak Gunung Rinjani 

GORONTALO – Memasuki masa libur semester perkuliahan, berbagai cara dilakukan organisasi mahasiswa untuk dapat mengisi waktu luang dengan menggelar kegiatan positif. Seperti halnya Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) Alam Sahabat Kita (Alaska) Fakultas Teknik, yang pada tanggal 15 Agustus nanti, akan menggelar kegiatan Ekspedisi Merah Putih 2. Dengan melakukan pendakian ke salah satu puncak dengan tertinggi Indonesia yakni Gunung Rinjani di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

“Ekspedisi akan dilakukan selama 7 hari sejak tanggal 15 hingga 21 Agustus 2015. Dan akan diikuti oleh 5 pendaki yang seluruhnya merupakan Mapala Alaska,” ungkap Ketua Umum Mapala Alaska periode tahun 2015 Muchdin Dai saat diwawancarai, Rabu (5/8) kemarin.

Ekspedisi ini kata Muchdin, merupakan salah satu program kerja Alaska periode tahun 2015. Ekspedisi sengaja dilakukan disaat masa senggang aktifitas perkuliahan dikarenakan, dirinya tidak ingin kegiatan ini mengganggu aktifitas perkuliahan anggotanya. Terlebih Mapala Alaska periode 2015 ini, berkeinginan merubah mindset sebagian masyarakat, yang berpikir bahwa terlibat dalam organisasi Mapala akan berdampak buruk bagi perkuliahan.

“Salah upaya yang dilakukan diantaranya dengan menggelar berbagai kegiatan tidak disaat masa aktif kuliah. Sehingga para anggota dapat manage antara waktu perkuliahan dan kegiatan organisasi,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan Muchdin, ekspedisi merah putih 2 kali ini tidak hanya sekedar kegiatan pendakian gunung biasa seperti pada umumnya. Namun dengan mengusung tema ekspedisi, terdapat beberapa tujuan lain yang diusung, diantaranya melakukan pengambilan data berkaitan dengan Taman Nasional Gunung Rinjani. Baik itu meliputi kondisi sosial, suku dan kebudayaan masyarakat sekitar, serta pengenalan tentang pesona, keindahan dan kesitimewaan yang dimiliki. Sebagai data bahan shearing informasi kepada masyarakat. “Bertepatan dengan peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus, kami juga nantinya akan melangsungkan kegaitan upacara bendera di puncak Gunung Rinjani sebagai penghormatan kepada Negara,” terangnya.

Untuk menyukseskan ekspedisi ini, diakui Muchdin seluruh anggotanya telah melakukan berbagai upaya dengan menggalang dana melalui hasil usaha Organisasi. Diantaranya dengan menjual produk hasil kreatifitas berupa Dompet maupun Ransel dari bahan karung Goni, serta souvenir lainnya.

“Ada dan tidaknya bantuan dana dari pihak Fakultas, Mapala Alaska akan tetap melaksanakan kegiatan ini meskipun harus mencari biaya sendiri. Dan akan kami buktikan meski tanpa batuan tersebut kami tetap bisa,” tegas Muchdin serya diamini seluruh anggotanya.

Agenda

23 Mei 2024

UNG Bersholawat

Kegiatan UNG bersholawat dilaksanakan pukul 19.15 WITA.

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0