Mahasiswa KKS Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Pekarangan Sistem Vertikultura

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 19 April 2017 . 10:25:22

 

GORONTALO - Mahasiswa peserta program Kuliah Kerja Sibermas ini (KKS) pengabdian tahun 2017 periode Maret-April, berlokasi di Desa Ayumolingo mulai gencar menerapkan program kerjanya selama mengabdikan diri di Desa.

Salah satu program yang diimplementasikan yakni mengajak masyarakat sekitar, dalam pemanfaatan lahan pekarangan sistem Vertikultura dengan tanaman hortikultura dan penggunaan pestisida nabati.

Dalam memaksimalkan pemanfaatan lahan pekarangan tersebut, mahasiswa KKS bahkan gencar melakukan penyuluhan kepada masyarakat, yang melibatkan anggota kelompok Dasawisma Tim Penggerak PKK, para masyarakat serta aparat Desa. Penyuluhan juga turut dibarengi dengan, demonstrasi secara proses budidaya tanaman hortikultura dan pengaplikasian pestisida nabati pada lahan pekarangan.

Dosen pembimbing lapangan Dra. Nikmah Musa, M.Si menuturkan, penyuluhan dalam pemanfaatan lahan pekarangan melalui budidaya tanaman hortikultura dilakukan, karena potensi pertanian yang dimiliki Desa Ayumolingo. Di Desa Ayumolingo kata Nikmah, merupakan salah satu wilayah potensi pertanian yang sangat produktif dengan tanaman pangan, tanaman hortikultura, tanaman perkebunan yang sebagian besar didominasi tanaman jagung.

"Potensi Desa Ayumolingo dibidang pertanian maupun budidaya tanaman cukup besar. Sehingga mahasiswa KKS mencoba untuk terus memaksimalkan potensi yang dimiliki Desa, dalam mendukung perkembangan Desa Ayumolingo melalui pemanfaatan lahan pekarangan dan budidaya tanaman hortikultura," terang Nikmah. (wahid)

Agenda

23 Mei 2024

UNG Bersholawat

Kegiatan UNG bersholawat dilaksanakan pukul 19.15 WITA.

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0