Mahasiswa ITP Olah Bahan Pangan Lokal Jadi Makanan Bergizi

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 15 Desember 2016 . 10:55:43

 

GORONTALO - Melimpahnya bahan pangan lokal dengan kandungan gizi yang cukup tinggi, mendorong mahasiswa Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) berkreasi menciptakan olahan makanan yang menarik dan memiliki manfaat kesehatan.

Melalui tugas mata kuliah pangan fungsional, mahasiswa berlomba-lomba menunjukkan kreatifitasnya mengolah bahan pangan yang tidak hanya enak, namun juga bermanfaat bagi kesehatan.

Produk olahan berhasil dikreasikan diantaranya pemanfaatan tanaman Pare menjadi Kripik Pare Kremas, pengolahan limbah biji alpukat sebagai bahan ice cream, serta pemanfaatan daun tanaman gersen sebagai teh untuk menurunkan kolesterol, dan banyak lagi produk olahan lainnya. Berbagai produk tersebut bahkan dipamerkan oleh mahasiswa pada, Rabu (14/12), di Halaman Fakultas Pertanian UNG.

 

 

Dosen pengampuh mata kuliah pangan fungsional Zahra Khan, S.Pi, M.Si menuturkan, dalam program pembelajaran mahasiswa dituntut untuk berkreasi dan berinovasi membuat produk olahan, berbasis bahan pangan lokal dan memiliki nilai gizi bagi tubuh.

"Mahasiswa dibebaskan dalam mengolah bahan pangan menjadi sebuah produk yang kreatif dan inovatif, namun dengan tidak menghilangkan manfaat kesehatan bagi konsumen," ungkapnya.

Selain membuat produk, mahasiswa juga diharuskan untuk dapat mempresentasikan produk yang telah mereka kreasikan, serta memasarkannya ke lingkungan masyarakat. "Melalui program ini kami ingin lebih memancing mahasiswa lebih kreatif dan inovatif. Karena memang mahasiswa membutuhkan wadah untuk menyalurkan kemampuan mereka," jelasnya. (wahid)

Agenda

23 Mei 2024

UNG Bersholawat

Kegiatan UNG bersholawat dilaksanakan pukul 19.15 WITA.

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0