Mahasiswa Ingin Berwirausaha? Simak Tips Dari Sandiaga Uno

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 2 Januari 2020 . 15:08:00

 

GORONTALO – Ingin meraih kesuksesan tidak hanya mengandalkan kemampuan akademik semata, namun mahasiswa juga harus berani mengambil kesempatan berwirausaha. Untuk menjadi seorang wirausahawan muda, Sandiaga Uno membagikan tips diantaranya berani memulai langkah untuk menjadi wirausahawan.

“Walaupun seseorang memiliki ilmu dan ide berwirausaha, akan tetapi tidak memiliki keberanian untuk memulai maka akan percuma. Untuk itu mantapkan diri dan berani mengambil inisiatif terjun berwirausaha,” ungkap Sandiaga, saat memberikan wejangan kepada mahasiswa UNG pada kegiatan Creator Nation UNG 2019.

Ketika mahasiswa sudah berani memulai langkah berwirausaha, maka sebagai wirausahawan muda harus berani mengambil sebuah resiko. Karena menghadapai resiko sebagai wirausahawan muda tersebut akan mendorong sebuah pembelajaran serta memperkaya pengalaman, sehingga tidak akan mengulangi kesalahan dalam menjalankan usaha.

“Resiko juga akan menjadi penguat kepercayaan diri seorang pengusaha muda,” terang Sandiaga.

Menurut Sandiaga, resiko ketika membangun wirausaha akan mendekatkan kita dengan sebuah kegagalan. Akan tetapi kegagalan itu sangat penting untuk pembelajaran sebagai proses menuju kesuksesan.

“Semua penguasa sukses pasti pernah merasakan resiko kegagalan dalam membangun usahanya, namun dari kegagalan itu semuanya bisa bangkit dan menjadi sukses. Makanya segala resiko berwirausaha harus diperhitungkan dengan matang,” ujarnya.

Meskipun beragam resiko yang dihadapai dalam membangun usaha, Sandiaga meminta mahasiswa untuk tidak takut mengambil kesempatan dalam berwirausaha. “Jangan takut dan segeralah mulai untuk memulai usaha. Manfaatkan kesempatan berwirausaha agar kalian bisa meraih kesuksesan,” imbaunya. (wahid)

Agenda

23 Mei 2024

UNG Bersholawat

Kegiatan UNG bersholawat dilaksanakan pukul 19.15 WITA.

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0