Mahasiswa Baru Diberikan Edukasi Terkait Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Kampus

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 14 Agustus 2024 . 11:52:23

GORONTALO – Universitas Negeri Gorontalo (UNG) terus menunjukkan komitmennya, dalam menciptakan lingkungan kampus yang nyaman dan aman terkait kekerasan seksual bagi seluruh mahasiswa.

Upaya tersebut dengan memberikan edukasi, terkait Pencegahan Dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) di lingkungan UNG di sela kegiatan PPKMB tahun 2024. Materi edukasi disampaikan langsung oleh Tim Satuan Tugas (Satgas) PPKS UNG Dr. Novi Usu, M.Pd,.

Dalam materinya Novi banyak memberikan pengetahuan mengenai berbagai bentuk kekerasan seksual, cara-cara pencegahannya, serta langkah-langkah yang harus diambil jika mereka atau orang lain menjadi korban.

Menurutnya mahasiswa baru harus dibekali dengan pengetahuan yang cukup agar mereka dapat menjaga diri dan orang lain dari tindak kekerasan seksual. Kampus harus menjadi tempat yang bebas dari segala bentuk kekerasan,

Dengan adanya edukasi ini, Novi berharap mahasiswa baru UNG dapat lebih peka terhadap isu kekerasan seksual dan turut serta dalam menciptakan lingkungan kampus yang aman dan bebas dari kekerasan.

“Jika mahasiswa menjadi korban pelecehan atau kekerasan seksual, harus berani melaporkan kepada tim satgas PPKS UNG. Tentunya segala bentuk laporan akan ditindaklanjuti oleh tim satgas, untuk diproses sesuai ketentuan berlaku,” jelasnya.

Pemberian eduakasi kata Novi akan dilakukan lebih mendalam melalui modul pembelajaran PPKS, pada mata kuliah pada semeseter satu atau dua yang wajib diiukuti seluruh mahasiswa baru UNG. Melalui modul pembelajaran ini mahasiswa bisa belajar lebih banyak tentang PPKS, serta segala hal yang berkaitan dengan itu dan akan memperoleh sertifikast dari Kementerian bagi yang sudah mengikuti. (**) 

Agenda

9 September 2024

Apel Bersama Civitas Akademika UNG

Apel dalam rangkaian peringatan hari lahir UNG

23 Agustus 2024

Coaching dan Pelepasan Peserta UNG Mengajar Terintegrasi Membangun Desa

.

23 Mei 2024

UNG Bersholawat

Kegiatan UNG bersholawat dilaksanakan pukul 19.15 WITA.

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0