Lewat Seminar, Mahasiswa Perkuat Peran Teknik Sipil dalam Mitigasi Bencana

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 4 November 2019 . 16:33:19

 

GORONTALO – Indonesia merupakan negara yang sangat rawan akan aktifitas bencana alam, yang terkadang menimbulkan banyak korban jiwa. Dalam memperkuat upaya pencegahan korban bencana, Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil yang tergabung dalan Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil melaksanakan seminar Nasional terkait peran teknik sipil dalam mitigasi bencana gempa di Gorontalo, Senin (11/4),.

Rektor UNG melalui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Karmila Machmud, S.PD., M.A, Ph.D, dalam sambutannya mendukung penuh upaya mahasiswa Fakultas Teknik dalam mitigasi bencana, melalui penguatan peran keilmuan Teknik Sipil.

Menurut Karmila seminar ini sangat penting, karena wilayah Indonesia khususnya pulau Sulawesi merupakan daerah rawan bencana yang berada dekat dengan pertemuan lempeng bumi, sehingga berpotensi besar dilanda gempa bumi.

“Sulawesi memiliki histori bencana gempa bumi yang banyak memakan korban jiwa, sehingganya dampak korban jiwa tersebut harus bisa diantisipasi,” ungkap Karmila.

Menurut Karmila banyaknya korban meninggal dalam becana gempa bumi lebih disebabkan oleh runtuhnya bangunan-bangunan, yang disebabkan guncangan gempa. Terlebih jika struktur bangunannya rapuh dan tidak tahan gempa akan sangat membahayakan masyarakat ketika terjadi bencana.

“Peran keilmuan teknik sipil sangat penting untuk merancang bangunan tahan gempa, yang bisa dibangun oleh masyarakat luas. Jika hal tersebut bisa terwujud, maka resiko korban meninggal dalam gempa diakibatkan runtuhnya bangunan akan berkurang,” tandasnya. (wahid)

Agenda

23 Mei 2024

UNG Bersholawat

Kegiatan UNG bersholawat dilaksanakan pukul 19.15 WITA.

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0