Laboratorium Radio Penyuluhan Pertanian UNG Perjuangkan Izin Tetap Lembaga Penyiaran

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 31 Mei 2018 . 15:19:00

 

GORONTALO – Salah satu lembaga penyiaran komunitas yang digawangi oleh Fakultas Pertanian UNG yakni Laboratorium Radio Penyuluhan Pertanian Jurusan Agribisnis tengah berjuang untuk memperloleh izin tetap sebagai lembaga penyiaran swasta. Upaya itu dilakukan melalui verifikasi sekaligus visitasi langsung oleh tim dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), terkait uji coba evaluasi siaran laboratorium radio, Rabu (30/5).

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Faperta Wawan Tolinggi, SP, M.Si menuturkan, tahapan uji coba siaran oleh Kemkominfo memverifikasi 3 hal terkait keberadaaan radio Fakultas Pertanian. Yakni meliputi verifikasi administrasi, verifikasi teknis dengan melibatkan perangkat dari Kementerian serta verifikasi konten siaran oleh Komisi Penyiaran Indonesia.

“verifikasi Ini merupakan tahapan wajib yang harus dilalui oleh laboratorium radio, dalam meningkatkan statusnya dari siaran radio uji coba untuk memperoleh izin tetap dari Kementerian menjadi lembaga penyiaran swasta,” ungkap Wawan.

Menurut Wawan laboratorium radio penyuluhan pertanian telah dirintis lama oleh Faperta sejak tahun 2010 silam dan saat ini masih pada radio komunitas. Ini dikarenakan radio penyuluhan lebih terfokus pada bidang pendidikan utamanya pertanian, sekaligus mewadahi kelompok tani menjadi binaan Fakultas yang dibangun melalui radio komunitas.

“Dari seluruh persyaratan baik itu meliputi administrasi, perangkat teknis maupun konten telah dilakukan dan disiapkan, insyaallah dengan kesiapan ini izin tetap bisa segera kita peroleh,” harap Wawan.

Lebih lanjut dijelaskan Wawan dalam aktifitas penyiaran, konten Laboratorium radio lebih dominan dan terfokus pada hal-hal berkaitan dengan pertanian, seperti best praktis petani sukses, siaran-siaran pedesaan, pembinaan dan penyuluhan pertanian maupun hal-hal terkait perkuliahan.

“Untuk teknis pengoperasiannya dibawahi langsung oleh jurusan Agribisnis, dengan personil serta crew dari para dosen dan mahasiswa sebagai laboratorium pembelajaran. Untuk kegiatan penyiaran kita lakukan setiap harinya,” jelasnya. (wahid)

Agenda

23 Mei 2024

UNG Bersholawat

Kegiatan UNG bersholawat dilaksanakan pukul 19.15 WITA.

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0