Kepala Kejati Gorontalo Beri Kuliah Umum Dihadapan Mahasiswa Hukum

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 19 September 2018 . 08:37:00

 

GORONTALO – Jajaran Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Gorontalo melakukan kunjungan ke Universitas Negeri Gorontalo, Selasa (18/9),. Kedatangan para aparat penegak hukum yang dipimpin langsung oleh Kepala Kejati Prov. Gorontalo Dr. Firdaus Dawilmar,SH, M.Hum, dalam rangka memberikan kuliah umum dihadapan mahasiswa Fakultas Hukum UNG.

Dihadapan para ratusan mahasiswa yang turut dihadiri oleh Rektor Prof.Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, Kepala Kejati Prov. Gorontalo Dr. Firdaus menyampaikan kuliah umum dengan topik fungsi intelijen Kejaksaan Republik Indonesia dalam perspektif penegakan hukum di Indonesia. Kuliah yang disampaikan orang nomor satu di Kejati Gorontalo tersebut disambut antusias oleh mahasiswa dan dosen yang hadir, bahkan tidak sedikit mahasiswa melemparkan sejumlah pertanyaan kepada narasumber.

Dr. Firdaus dalam kuliahnya menuturkan, badan intelijen kejaksaan sebagai penegak hukum dalam UU intelijen Negara hanya sebatas predikat saja, sedangkan dalam UU Kejaksaan RI tidak diatur sama sekali tentang intelijen Kejaksaan. Akan tetapi dalam Perpres terkait organisasi dan tata laksana institusi Kejaksaan RI diatur tentang Intelijen Kejaksaan.

Dijelaskan Dr. Firdaus, intelijen yang ada di lingkungan Kejaksaan merupakan bagian dari langkah preventif dan represif, sebagai bagian dari bentuk tanggung jawab Negara dalam penegakan hukum. “Hasil Produk dari intelijen kejaksaan pada prinsipnya dapat dijadikan sebagai alat bukti hukum,” jelasnya.

Lebih lanjut kata Dr. Firdaus, nilai kejujuran dan integritas merupakan modal utama dalam bekerja apalagi berkecimpung dengan pekerjaan bidang hukum seperti halnya institusi Kejaksaan. “Dengan kejujuran dan integritas tersebut masyarakat akan semakin yakin dengan kinerja institusi dan personel Kejaksaan dalam penegakan hukum, sehingga dapat semakin mengayomi masyarakat,” tandasnya. (wahid)

Agenda

23 Mei 2024

UNG Bersholawat

Kegiatan UNG bersholawat dilaksanakan pukul 19.15 WITA.

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0