Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru UNG Ramah Disabilitas

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 12 Agustus 2024 . 09:41:43

GORONTALO – Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menunjukkan komitmennya dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif, dengan mengadakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) ramah disabilitas. Kegiatan mahasiswa baru yang dipusatkan di halaman UNG ini diikuti oleh ribuan mahasiswa baru, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus (disabilitas).

Ketua panitia PKKMB UNG Dr. Moh. Yusuf Tuloli, S.T., M.T., mengungkapkan untuk tahun ini terdapat satu mahasiswa baru tunarungu yang ikut PKKMB. Selama pelaksanaan PKKMB, mahasiswa disabilitas mendapatkan pendampingan khusus dari panitia pelaksana, agar dapat memahami seluruh penyampaian yang disampaikan oleh pemateri PKKMB.

“UNG ingin memastikan bahwa semua mahasiswa tanpa terkecuali, dapat merasakan pengalaman pengenalan linkungan kampus. Oleh karena itu, panitia menyediakan berbagai fasilitas dan layanan khusus selama PKKMB ini, termasuk penerjemah bahasa isyarat untuk mahasiswa baru tunarungu,” terangnya.

Menurut Yusuf, PKKMB merupakan kegiatan wajib  diikuti seluruh mahasiswa baru. Untuk itu UNG berupaya menciptakan suasana kegiatan PKKMB yang inklusif, dan dapat diakses oleh semua kalangan khususnya mahasiswa baru dengan kebutuhan khusus.

“Dengan pendampingan ini, diharapkan mahasiswa penyandang disabilitas dapat memahami kehidupan kampus serta sistem akademik yang ada di UNG. Sehingga dapat dengan mudah beradaptasi dan mengikuti seluruh rangkaian pendidikan,” pungkasnya. (**)

Agenda

9 September 2024

Apel Bersama Civitas Akademika UNG

Apel dalam rangkaian peringatan hari lahir UNG

23 Agustus 2024

Coaching dan Pelepasan Peserta UNG Mengajar Terintegrasi Membangun Desa

.

23 Mei 2024

UNG Bersholawat

Kegiatan UNG bersholawat dilaksanakan pukul 19.15 WITA.

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0