HMJ Akuntansi Ulas Pengelolaan Dana Desa Melalui Seminar

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 29 September 2017 . 09:59:59

 

GORONTALO - Timbulnya sejumlah permasalahan akibat kesalahan pengelolaan dana Desa, mendorong Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi memberikan pemahaman dalam pengelolaan dana desa melalui kegiatan Seminar Keuangan Desa, Kamis (28/9), di Auditorium UNG.

Seminar yang fokus mengulas tentang peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa melalui optimalisasi keuangan Desa, tidak hanya diikuti mahasiswa namun juga aparat Desa selaku pengelola Dana Desa.

Dekan Fakultas Ekonomi Imran Rosman Hambali, S.Pd, SE, MSA, mengungkapkan, seminar tentang pengelolaan dana desa sangat penting dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat, khususnya aparat desa dalam pengelolaan keuangan Desa secara baik dan benar. Terlebih anggaran pembangunan melalui dana Desa yang dikucurkan pemerintah sangat besar dan berpotensi disalahgunakan.

"Ini penting untuk meningkatkan pemahaman agar Dana desa bisa dikelola secara maksimal, dalam mengembangkan perekonomian masyarakat Desa," ungkap Imran.

Saat ini pengelolaan Dana Desa kata Imran, banyak menimbulkan permasalahan yang berujung pada permasalahan hukum akibat kurangnya pemahaman terhadap pengelolaannya. Ini disebabkan karena kurangnya kemampuan sumber daya manusia di lingkungan Desa, yang benar-benar paham akan proses tatacara pengelolaan hingga pelaporannya.

Sementara itu Ketua Ikatan Akuntansi Indonesia Nuriyanto, SE.Ak, M.Ec,Dev, menyambut baik inisiatif HMJ Akuntansi dalam menggagas seminar keuangan Desa. Menurutnya sudah seharusnya kalangan akademisi khususnya mahasiswa, dapat turut serta berperan aktif dalam memberikan pendampingan kepada masyarakat dan aparat Desa terkait optimalisasi keuangan Desa.

 

 

"Kita berharap mahasiswa dapat menjadi salah satu pionir dalam pendampingan pengelola keuangan Desa, agar bisa dikelola secara efektif guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat," harapnya.

Sebelumnya Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi juga menggelar Seminar Perekonomian Gorontalo, dengan mengangkat tema tentang Kebijakan Pemerintah Provinsi Gorontalo terhadap stabilitas perekonomian Gorontalo, Rabu(27/9) di Auditorium UNG. (wahid)

Agenda

23 Mei 2024

UNG Bersholawat

Kegiatan UNG bersholawat dilaksanakan pukul 19.15 WITA.

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0