FOK Gelar Seminar Internasional Keperawatan

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 17 Maret 2017 . 10:56:00

Bukti Kontribusi FOK Mendukung Kualitas Layanan Keperawatan

 

 

GORONTALO - Bagitu pentingnya peran perawat dalam mengutamakan keselamatan pasien dalam melaksanakan pelayanan kesehatan. Mendorong Fakultas Olahraga dan Ilmu Kesehatan (FOK) menggelar seminar internasional Keperawatan untuk pertama kalinya, dengan menghadirkan pemateri pakar keperawatan Nasional maupun internasional, Kamis (16/3), di Ballroom Maqna Hotel Gorontalo.

Ketua Panitia Seminar Internasional Keperawatan Rhein Riansyah Djunaid, S.Kep, NS, M.Kes, mengungkapkan, seminar keperawatan pertama mengangkat tema tentang peran perawat sebagai kunci dalam melakukan pasien safety, menuju akreditasi Rumah Sakit. Topik tersebut diangkat karena dalam melaksanakan tugasnta, perawat sangat ditekankan pada keselamatan dan keamanan pasien ketika memperoleh pelayanan kesehatan.

"Peserta seminar tidak hanya dari kalangan mahasiswa, namun juga diikuti oleh profesi perawat pada Puskesmas maupun Rumah Sakit di Gorontalo maupun beberapa daerah lain," ungkap Rhein.

Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, dalam sambutannya memuji seminar Internasional pertama yang digagas FOK. Menurutnya Seminar menjadi salah saru bentuk kontribusi nyata dalam mendukung perkembangan kualitas layanan keperawatan di Gorontalo.

"Memberikan pelayanan yang baik seperti pasien safety merupakan hal mutlak yang harus dilakukan seorang perawat. Dan untuk bisa menekan angka kematian pasien, perawat perlu dibekali permasalahan pasien safety agar masyarakat dapat terlindungi," terang Prof. Syamsu.

 

 

Menurut Prof. Syamsu, selain meningkatkan kualitas dan kompetensi perawat khususnya mahasiswa, Kegiatan Seminar juga menjadi wadah penting bagi Dosen UNG melakukan publikasi jurnal nasional maupun internasional berkaitan dengan bidang keperawatan.

Sekentara itu, Penjabat Gubernur Prov. Gorontalo melalui Asisten 1 Anis Naki menuturkan, peningkatan kualitas SDM dibidang keperawatan melalui seminar sangatlah sejalan dengan upaya Pemerintah Prov. Gorontalo dalam memberikan pelayanan kesehatan maksimal kepada masyarakat.

Karena dengan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan yang gencar dilakukan pemerintah melalui pengembangan infrastruktur kesehatan, harus dapat ditopang oleh kemampuan SDM keperawatan yang berkualitas.

"Melalui seminar juga diharapakan dapat memberikan konstribusi, berupa sebuah gagasan dan inovasi dalam mendukung program peningkatan kesehatan di Prov. Gorontalo," harapnya. (wahid)

Agenda

23 Mei 2024

UNG Bersholawat

Kegiatan UNG bersholawat dilaksanakan pukul 19.15 WITA.

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0