Faperta Dorong Pembuatan Jurnal Ilmiah Terindeks Internasional

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 13 Maret 2017 . 08:42:55

 

GORONTALO - Jurnal ilmiah merupakan salah satu karya yang dihasilkan oleh tenaga pendidik di lingkungan Perguruan Tinggi. Untuk menggenjot kualitas maupun kuantitas Jurnal ilmiah tersebut, Fakultas Pertanian senantiasa mendorong para Dosen untuk dapat menghasilkan karja Jurnal Ilmiah, dengan melakukan Workshop Standarisasi, Indeksasi, Penulisan dan Pengelolaan Jurnal Ilmiah Berbasis Open Jurnal System (OJS), Jumat (10/3), di Aula Perpustakaan UNG.

Dekan Faperta Dr. Mohamad Ikbal Bahua, SP., M.Si menuturkan melalui Workshop, Faperta berkeinginan menjadi dorong potensi minat dan bakat para dosen, membuat tulisan dalam bentuk jurnal yang terindeks Internasional. Hal tersebut mengingat belum seluruh dosen di lingkungan Faperta, memahami dan memiliki kemampuan menulis artikel maupun jurnal sesuai standar yang ditetapkan jurnal internasional terakreditasi.

Menurut Dr. Ikbal, dosen di lingkungan Faperta memiliki potensi besar untuk dapat membuat artikel yang terindeks dibidang ilmu pertanian, karena seluruhnya merupakan pakar dibidang tersebut. Akan tetapi karena kurangnya pemahaman akan standar dari penyusunan jurnal internasional terakreditasi menjadi salah satu hambatan dalam menggenjot publikasi artikel maupun jurnal internasional.

"Insya Allah melalui Workhsop, seluruh dosen dapat memperoleh pencerahan terkait standar penulisan artikel dan jurnal internasional terakreditasi. Sehingga kualitas dan kuantitas penulisan artikel tersebut dapat lebih meningkat," terang Dr. Ikbal.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruwadi, MP, mengapresiasi Workshop penulisan dan pengelolaan jurnal ilmiah yang dilakukan Faperta. Melalui Workshop ini sangat penting seiring dengan akan diberlakukannya Permen Ristekdikti No. 20 Tahun 2017.

"Dalam Permen Ristekdikti tersebut dosen dituntut untuk dapat menggiatkan publikasi jurnal nasional maupun internasional. Sehingga diperlukan kiat-kiat bagi dosen dalam meningkatkan kualitas artikel maupun jurnal melalui workshop," terang Prof. Mahludin.

Dikatakan Prof. Mahludin, dalam membuat artikel maupun jurnal nasional maupun internasional bukan hal mudah. Olehnya dibutuhkan pemahaman bagi dosen untuk mampu menyumbangkan jurnal dengan sesuai standar berlaku.

Pada Workshop Standarisasi, Indeksasi, Penulisan dan Pengelolaan Jurnal Ilmiah Berbasis OJS, menghadirkan pemateri Muhammad Arsyad, Ph.D, sebagai pengelola jurnal internasional di Universitas Hasanuddin Makassar. (wahid)

Agenda

23 Mei 2024

UNG Bersholawat

Kegiatan UNG bersholawat dilaksanakan pukul 19.15 WITA.

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0