Fakultas Sastra dan Budaya Optimalkan Layanan Akademik untuk Mahasiswa Difabel

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 20 Agustus 2024 . 15:46:06

GORONTALO – Dengan hadirnya mahasiswa difabel mendorong Fakultas Sastra dan Budaya untuk mempersiapkan sumberdaya manusia, dalam mengoptimalkan pelayanan akademik untuk mahasiswa difabel. Wujud keseriusan tersebut dengan melaksanakan workshop teknologi informasi untuk mahasiswa difebel yang diikuti dosen di lingkungan FSB khususnya jurusan Seni Drama, Tari Dan Musik (Sendratasik).

Dekan FSB UNG, Prof. Dr. Nonny Basalama, M.A., Ph.D., mengatakan workshop sangat dibutuhkan dalam rangka memberikan disability awareness. Terlebih pada tahun ini FSB khususnya jurusan Sendratasik telah menerima satu mahasiswa tunarungu yang akan mengikuti rangkaian proses pendidikan dan pembelajaran.

“FSB sangat membuka diri dengan pendidikan inklusif untuk mahasiswa difabel, sesuai dengan ketentuan undang-undang. Tentunya dengan pelatihan ini, dosen akan siap memberikan melayanan kepada mahasiswa difabel yang ada di jurusan Sendratasik,” ujar Nonny.

Wakil rektor bidang perencanaan, kerjasama dan sistem informasi Dr. Harto Malik, M.Hum., mengatakan jika berbicara tentang pelayanan terhadap difabel, yang pertama perlu disiapkan adalah sumberdaya manusia dosen. Menurutnya unsur yang bersentuhan langsung dengan layanan akademik terhadap mahasiswa difabel yakni dosen, sehingga pemahaman dosen terkait layanan difabel harus diperkuat sehingga pelayanan dapat berjalan optimal.

“Karena saat ini FSB baru memiliki mahasiswa tuna rungu, maka SDM yang akan memberikan pelayanan harus disiapkan dengan sebaik-baiknya. Proses evaluasi dan perbaikan layanan harus terus dilakukan agar relevan dengan kebutuhan mahasiswa khususnya difabel,” pungkas Harto. (**)

Agenda

9 September 2024

Apel Bersama Civitas Akademika UNG

Apel dalam rangkaian peringatan hari lahir UNG

23 Agustus 2024

Coaching dan Pelepasan Peserta UNG Mengajar Terintegrasi Membangun Desa

.

23 Mei 2024

UNG Bersholawat

Kegiatan UNG bersholawat dilaksanakan pukul 19.15 WITA.

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0