UPT Perpustakaan Gagas kerjasama Program Literasi dan Inklusi Sosial untuk Desa

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 22 September 2020 . 14:41:02

 

GORONTALO - Program Universitas Negeri Gorontalo yang fokus pada pembangunan Desa mendapat dukungan dari UPT. Perpustakaan. Dalam pengembangan Desa UPT. Perpustakaan berupaya mengambil peran strategis, diantara membuka akses bagi Desa terhadap sumber ilmu pengetahuan praktis, baik dalam bentuk referensi maupun pendampingan pelatihan, yang bermanfaat dalam meningkatkan kapasitas produktif masyarakatnya.

Sehubungan dengan hal ini, UPT Perpustakaan menggagas Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan se-Provinsi Gorontalo, yang dimulai dengan penanda tanganan PKS dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pohuwato dan Kabupaten Boalemo pada 21-22 September 2020 bertempat di kantor masing-masing Dinas tersebut.

Kepala UPT Perpustakaan, Dr. Ismet Sulila, M.M, menjelaskan, bahwa PKS ini merupakan wujud implementasi dari Nota Kesepahaman antara Universitas Negeri Gorontalo dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato dan Boalemo, yang juga sejalan dengan program strategis dari Perpusnas RI.

“Melalui PKS ini, kami berharap UPT Perpustakaan dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan daerah bisa bersama-sama membangun desa, khususnya melalui program inklusi sosial dan literasi. Olehnya, kita perlu terus mengembangkan kapasitas pustakawan dan kualitas layanan sehingga program-program tersebut akan semakin memberi manfaat bagi desa” ujarnya.

Lebih lanjut, menurut Ismet, fokus utama pelaksanaan PKS ini adalah pengembangan kompetensi pengelola perpustakaan, penguatan akses dan infrastruktur literasi informasi, pengembangan layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial, pertemuan ilmiah, penelitian, dan publikasi dalam bidang perpustakaan, serta pengembangan dan pemanfaatan bersama koleksi perpustakaan.

“Mulai tahun 2021, berbagai program akan mulai kita gagas dan implementasikan, seperti pelatihan digitalisasi tata kelola adminsitrasi perpustakaan berbasis SOP, penelitian kolaboratif dalam bidang perpustakaan, magang pustakawan, dan penguatan kapasitas masyarakat desa melalui pelatihan berbasis kearifan lokal. Untuk program penguatan kapasitas masyarakat desa di Pohuwato, insya allah, kita akan fokus di Desa Banuroja” jelas Ismet.

Kunjungan Tim UPT Perpustakaan disambut baik oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Pohuwato dan Kab. Boalemo, dengan komitmen bersama membangun desa secara berkelanjutan dalam bidang perpustakaan. (**)

Agenda

23 Mei 2024

UNG Bersholawat

Kegiatan UNG bersholawat dilaksanakan pukul 19.15 WITA.

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0